Tetap Waspadai Potensi Kejahatan Transnasional

  • 10 Jul
  • Prov Jateng
  • No Comments

Semarang – Memasuki usia 71 tahun, tanggung jawab yang diemban Polri semakin besar. Solidaritas dan profesionalitas korps harus senantiasa dipertahankan demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta keutuhan NKRI.

Saat membacakan pidato Presiden Ir H Joko Widodo, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono menyampaikan apresiasi terhadap kinerja anggota Polri di seluruh tanah air yang berhasil menjaga situasi di tengah masyarakat tetap kondusif, termasuk saat perayaan Hari Raya Idul Fitri beberapa waktu lalu.

“Dalam usia 71 tahun, Polri menunjukkan dedikasi dan integritas yang tinggi untuk mendukung terwujudnya pembangunan nasional. Polri mampu mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif, penanganan terorisme, pemberantasan narkoba, dan menekan angka kejahatan seperti premanisme. Kepercayaan publik terhadap Polri meningkat sehingga Polri semakin dicintai masyarakat,” terangnya saat memimpin Upacara Parade Peringatan ke-71 Hari Bhayangkara di Lapangan Bhayangkara Akpol, Senin (10/7).

Meski selama ini Polri sukses menjaga kamtibmas, mereka harus tetap mewaspadai potensi kejahatan transnasional yang mungkin muncul seiring perkembangan globalisasi dan teknologi informasi yang kian pesat. Kejahatan transnasional tersebut seperti terorisme, cyber crime, dan lainnya.

“Tantangan yang dihadapi akan semakin berat. Dengan perkembangan globalisasi, demokratisasi, dan kemajuan teknologi informasi berpotensi meningkatkan kejahatan transnasional. Polri harus terus menjaga nilai-nilai kebangsaan, menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia. Untuk itu, Polri harus menjaga solidaritas dan bertindak profesional,” pesannya.

Upacara Parade Peringatan ke-71 Hari Bhayangkara itu juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP, Pangdam IV/ Diponegoro Mayjen Tatang Sulaiman, dan jajaran Forkopimda Jateng lainnya. Pada acara tersebut, Gubernur Ganjar Pranowo didampingi Kapolda Irjen Pol Condro Kirono dan Pangdam IV/ Diponegoro juga menyerahkan penghargaan untuk sejumlah polres berprestasi di Jawa Tengah.

Upacara Parade Peringatan ke-71 Hari Bhayangkara itu dimeriahkan atraksi terjun payung yang diperagakan oleh enam orang anggota Polda Jateng. Salah satu di antaranya polwan Bripda Nur Fauziah Anwari Putri.

 

Penulis : Ar, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Berita Terkait