Dindukcapil Purbalingga Genjot Pelayanan

  • 04 Mar
  • yandip prov jateng
  • No Comments

PURBALINGGA – Permasalahan administrasi kependudukan yang kerap dikeluhkan di media sosial, menjadi salah satu pekerjaan rumah (PR) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Purbalingga.

Hal ini mengemuka saat Muhammad Fathurohman dilantik menjadi Kepala Dindukcapil Kabupaten Purbalingga oleh Bupati, Dyah Hayuning Pratiwi, di Ruang Kerja Bupati, Selasa (3/3/2020). Bupati Tiwi menekankan peningkatan pelayanan administrasi kependudukan karena merupakan hal yang krusial dalam keperluan masyarakat.

“Saya ingin masalah administrasi kependudukan bisa clear, karena ini paling sensitif, kalau mengamati media sosial rata-rata masyarakat mengeluhkan masalah pelayanan adminduk entah itu KK/KTP/akta,” kata Tiwi, sapaan akrab bupati.

Maka mutlak, Dindukcapil harus melakukan pelayanan responsif, inovatif, jemput bola, dan sebagainya. Bupati meminta pula agar Kepala Dindukcapil yang baru ini bisa menjalankan tugas amanah jabatan yang diberikan dengan baik dengan penuh rasa tanggung jawab.

Termasuk, tegasnya, harus segera beraksi mengejar segala ketertinggalan yang ada. Apalagi saat ini sensus penduduk sedang dilakukan. Juga yang tak kalah penting adalah pesta pilkada serentak yang butuh Daftar Pemilih Tetap (DPT), yang diambil dari data Dindukcapil. “Oleh karenanya masalah pendataan ini harus clear,” jelas Tiwi.

Tiwi juga mengucapkan terimakasih kepada Sridari yang sebelumnya jadi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dindukcapil. Sebab Sridari telah menjalankan tugasnya dengan baik dalam mengisi sementara kekosongan jabatan selama 3 bulan lalu.

Terbukti pula Dindukcapil aktif berkomunikasi dengan Dirjen Dukcapil Kemendagri agar permasalahan kekurangan blangko e-KTP segera tertangani.

“Walaupun 3 bulan saya lihat pelayanan sangat baik dan responsif, saya harapkan ini bisa dilanjutkan oleh pak Fathur. Nanti bisa saling berkordinasi dan konsolidasi. Apa yang menjadi permasalahan di Dindukcapil untuk dipetakan dan langkah apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan pelayanan sudah mulai dipikirkan,” harap bupati.

Muhammad Fathurohman sebelumnya menduduki jabatan sebagai Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Purbalingga. Dalam pengisian jabatan Kepala Dindukcapil, sebelumnya harus seizin dari Mendagri yang kemudian disusul Surat Mendagri Nomor : 821/1777/SJ perihal Persetujuan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga tanggal 25 Februari 2020.

Penulis : Gn, Humas Purbalingga
Editor : Rk, Diskominfo Jateng

Berita Terkait