Perkuat Baca Tulis dan Sains

  • 02 Mar
  • yandip prov jateng
  • No Comments

WONOGIRI – Kemampuan literasi dipandang penting untuk membendung dampak negatif kemajuan teknologi informasi dan globalisasi. Tak hanya itu, penguasaan literasi yang baik juga penting agar mampu bersaing dan bersanding dengan bangsa lain untuk menciptakan kesejahteraan dunia.

“Maka budaya literasi penting agar budaya yang menjadi identitas bangsa tidak terganti dengan budaya barat. Semakin tinggi tingkat literasi suatu bangsa, menunjukkan tingkat kemampuan bangsa tersebut berkolaborasi, berpikir kritis, kreatif, komunikatif sehingga dapat memenangi persaingan global, yang saat sekarang ini sedemikian ketatnya,” kata Bupati Wonogiri Joko Sutopo saat menggelar Sarasehan Remaja dan Pengukuhan Pengurus Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kabupaten Wonogiri, dan peluncuran taman baca di Desa Sindukarto, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri, Minggu (1/3/2020).

Dikatakannya, Pemkab Wonogiri  akan menganggarkan dana yang cukup guna pengadaan buku dalam upaya pengembangan literasi. Pemerintah desa juga didorong untuk ikut menyukseskan upaya tersebut. Pasalnya, sudah banyak dusun yang sudah mempunyai tempat taman baca, tetapi buku-bukunya belum memadai.

“Baca tulis dan sains harus diperkuat,” imbuhnya.

Sementara Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Wonogiri, Sriyono mengatakan, Indonesia mengalami krisis literasi. Hal itu diketahui saat The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) mengumumkan hasil Programme for International Student Assesment (PISA) 2018.

Indonesia hanya menempati peringkat 62, jauh tertinggal dari Vietnam yang mampu menempati peringkat tiga dunia. Oleh karenanya, Sriyono berpendapat sudah saatnya meningkatkan budaya literasi di dalam masyarakat.

Usai acara, Bupati meluncurkan Pasar Ahad Wanci Enjang Song Putri (Pawestri) di sekitar Waduk Song Putri, Desa Sindukarto.

 

Penulis : Est Kontributor Wonogiri

Editor : WH/Diskominfo Jtg

Berita Terkait