Cilacap Nominasi Evaluasi 10 Program Pokok PKK  

  • 28 Feb
  • yandip prov jateng
  • No Comments

CILACAP – Akselerasi pembangunan di Kabupaten Cilacap, yang memadukan Program Bangga Mbangun Desa dengan kegiatan Pemberdayaan dan Kejahteraan Keluarga (PKK) menunjukkan perkembangan positif. Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap pun masuk nominasi Evaluasi Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Saat melakukan verifikasi lapangan di Gedung Sumekar Setda Cilacap, Selasa (25/2/2020), Ketua Tim Verifikasi yang juga Wakil Ketua IV TP PKK Provinsi Jawa Tengah Tjondrorini menyampaikan, banyak kegiatan yang dilakukan PKK sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan. Apalagi, PKK memiliki kader potensial hingga tingkat dasa wisma.

Dalam menggerakkan warga, imbuhnya, para kader pun dituntut mengikuti perkembangan zaman, khususnya kemajuan teknologi informasi. Untuk mengetahui perkembangan TP PKK dalam melaksanakan 10 Program Pokok PKK yang menjadi kunci pelaksanaan pembangunan, setiap tahun dilakukan evaluasi.

“Kami ingin mengetahui sejauh mana pelaksanaan 10 Program Pokok PKK tersebut, termasuk kunci-kunci keberhasilan yang bisa disosialisasikan di daerah lain, hambatan dan tantangan-tantangan yang dihadapinya,” ujar Tjondrorini.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap Tetty Suwarto Pamuji menyampaikan, pelaksanaan 10 program pokok PKK di Cilacap diintegrasikan dengan program Bangga Mbangun Desa, dalam rangka akselerasi pembangunan di Kabupaten Cilacap. Pihaknya mengoptimalkan pelaksanaan 10 program Pokok PKK dengan kegiatan yang menyentuh langsung masyarakat. Bagaimana pun program kerja PKK sebagai stimulant untuk menumbuhkan keswadayaan dan kemandirian masyarakat.

“Program PKK merupakan program pemberdayaan masyarakat, sehingga implementasi program ini merupakan perpaduan dari, oleh dan untuk masyarakat” tegas Tetty.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji selaku Pembina Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap mengatakan, menyadari arti dan peran penting PKK, Pemkab Cilacap menempatkan PKK sebagai mitra kerja dalam setiap pelaksanaan program pembangunan daerah, khususnya dalam hal pemberdayaan kaum perempuan. Hingga kini PKK di Kabupaten Cilacap telah menunjukan kiprahnya secara nyata dalam membantu meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat.

“Berbagai kegiatan fisik maupun nonfisik, seperti penyuluhan, pembinaan, pelatihan, kursus-kursus maupun pemberian bantuan modal usaha kepada masyarakat, merupakan wujud nyata dari kerja PKK dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Bupati.

Setelah melakukan penilaian tertib administrasi PKK dan wawancara dengan masing-masing Pengurus Pokja, tim juga melakukan verifikasi lapangan di Desa Karangputat Kecamatan Nusawungu.

Penulis : wd_gs, Kontributor Cilacap
Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Berita Terkait