Ikuti Pramuka, Pelajari Keterampilan Kehidupan

  • 24 Feb
  • yandip prov jateng
  • No Comments

KUDUS – Ratusan pramuka siaga dengan atribut warna-warni berbaris rapi di Tennis Indoor MAN 2 Kudus, Minggu (23/2/2020). Mereka bersiap mengikuti Upacara Pembukaan Perlombaan Pesta Siaga Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kudus yang digelar di kompleks MIN 1 Kudus, MTs N 1 Kudus, dan MAN 2 Kudus.

Perwakilan panitia penyelenggara Pesta Siaga Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kudus Didik Hartoko menyampaikan, sebanyak 540 peserta pramuka golongan siaga, 54 orang pembina pendamping, dan sembilan orang pimpinan kontingen mengikuti pesta siaga yang bertema “Ramah, Peduli, dan Ceria” dengan motto “Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan”.  Dijelaskan, pesta siaga tersebut terbagi dalam sembilan pos.

“Dalam perlombaan pesta siaga, ada sembilan taman siaga, yakni taman siaga pintar, taman kemampuan indera manusia, taman toleransi beragama, dan taman scouting skill (simpul dan kompas). Ada pula fun wall, taman pentas budaya, taman kebersihan lingkungan, taman kemanusiaan, dan taman permainan,” jelasnya.

Pembina Upacara Pesta Siaga Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kudus, Bunda Mawar Hartopo, menyampaikan pesan kepada peserta untuk belajar dengan rajin dan tekun. Belajar tak hanya dari pelajaran formal di sekolah, namun juga belajar keterampilan kehidupan dengan mengikuti Pramuka. Sebagai anak pramuka yang masih berada di golongan siaga, peserta diminta untuk menghormati ayah bunda dan berani seperti yang tertuang dalam Dwi Darma Pramuka.

“Patuhi Dwi Darma dan Dwi Satya sebagai penghormatan dan moral setiap pramuka siaga. Semoga anak-anak semuanya berguna bagi nusa dan bangsa,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Mawar mengajak anak-anak agar mengikuti semua kegiatan dan bersemangat dalam berkompetisi. Anak-anak diminta bersaing dengan sehat dan menjaga persahabatan dengan sesama teman.

“Ikuti pesta siaga dengan persaingan secara sehat, penuh kekeluargaan dan semangat. Semoga semua peserta nantinya tumbuh menjadi penerus masa depan yang didambakan bangsa,” ajaknya.

Mawar mengucapkan terima kasih kepada orang tua yang telah menitipkan putra-putrinya untuk mengikuti pembinaan pramuka. Tanggung jawab besar tersebut harus benar-benar dilakukan dengan mendidik dan membina dengan baik.

“Ini merupakan tanggung jawab kita bersama membina generasi muda menjadi pribadi yang luhur dan cinta tanah air. Mari kita kenalkan pramuka sejak dini,” ujarnya.

Penulis : Kontributor Kab. Kudus

Editor : Di, Diskominfo Jateng*P

Berita Terkait