Karya Bakti Mandiri 2020, Wujud Sinergitas Bangun Desa

  • 21 Feb
  • statistik kominfo
  • No Comments

KLATEN – Sinergitas Pemerintah Kabupaten Klaten dengan Kodim 0723/Klaten, Polres Klaten, dan masyarakat untuk percepatan pembangunan kembali diperkuat dengan dilaksanakannya Karya Bakti Mandiri (KBM) Klaten Bersinar Tahap 1 Tahun Anggaran 2020.

Upacara pembukaan kegiatan tersebut di laksanakan di Lapangan Desa Sumberejo, Kecamatan Klaten Selatan, Kamis pagi (20/2/2020). Bertugas sebagai Inspektur Upacara dalam kegiatan ini Sekda Kabupaten Klaten Jaka Sawaldi, dan Letnan Satu Arhanud, Warsono sebagai Perwira Pelaksana.

Sekda Jaka Sawaldi menjelaskan, kegiatan itu bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan memantapkan semangat kebangsaan serta kesadaran bela negara. Melalui program KBM yang terarah dan terencana dapat bersama-sama bersinergi membangun Kabupaten Klaten.

“Melalui program ini diharapkan dapat menekan timbulnya kerawanan sosial dan menumbuhkembangkan semangat persatuan dan kesatuan masyarakat Klaten,” ujarnya.

Ditambahkan, Karya Bakti Mandiri Tahap 1 dipusatkan di Desa Nglinggi, Kecamatan Klaten Selatan. Program itu dilaksanakan 20 Februari 2020 hingga 19 Maret 2020 dengan melibatkan 117 orang tenaga kerja, terdiri dari 40 orang anggota TNI, lima orang anggota Polri, dua orang teknisi, lima orang aparat desa, dan 65 orang warga sekitar.

Lettu Arhanud Warsono menambahkan, program ini dilatarbelakangi terbatasnya akses jalan antar desa sehingga akses pertanian dan pariwisata terhambat. Program KBM 2020 meliputi kegiatan fisik dan non fisik.
Untuk kegiatan fisik, akan dilakukan betonisasi jalan sepanjang 286 meter, pembangunan talud sepanjang 802 meter, renovasi 10 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), delapan unit jambanisasi keluarga, dan renovasi dua unit tempat ibadah. Sedangkan kegiatan nonfisik meliputi penyuluhan wawasan kebangsaan, bahaya narkoba, radikalisme dan penyuluhan sertifikasi tanah kepada masyarakat.

“Pelayanan publik dari OPD Kabupaten Klaten pun akan dihadirkan. Sumber dana berasal dari alokasi APBD Klaten dan swadaya masyarakat,” jelasnya.

Penulis : Bambang Setyomoko/ Joko Priyono Diskominfo Klaten
Editor : WH Diskominfo Jtg

Berita Terkait