Sukses 10 Desa Diharapkan Jadi Inspirasi

  • 18 Feb
  • yandip prov jateng
  • No Comments

WONOSOBO – 10 Kades yang belum lama ini sukses membawa Desa mereka mendominasi ajang penilaian keterbukaan informasi publik tingkat Jawa Tengah, Senin (17/2) diundang ke Pendapa Kabupaten Wonosobo. Disambut Wakil Bupati Agus Subagiyo beserta forum komunikasi pimpinan Daerah, para Kades tersebut mendapatkan throphy dan piagam sebagai bentuk apresiasi dari pemkab atas capaian membanggakan yang telah ditorehkan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Eko Suryantoro menyebut, kehadiran 10 Kades dalam acara ramah tamah tersebut, selain sebagai bentuk apresiasi juga menjadi momentum untuk mendorong agar prestasi mereka bisa menginspirasi desa-desa lain di Wonosobo.

“Kami berharap agar prestasi fenomenal yang berhasil diraih tidak berhenti sampai di sini, karena masih banyak desa di Wonosobo yang perlu didorong supaya ke depan lebih inovatif, akuntabel dan transparan,” tutur Eko.

Di ajang penilaian Keterbukaan Informasi Tahun 2019 oleh Komisi Informasi Jawa Tengah, Eko menyebut Kabupaten Wonosobo mengirim 10 Desa. Dari 10 desa tersebut, 4 diantaranya, yaitu Desa Pucungwetan Sukoharjo, Desa Mlandi Kecamatan Garung, Desa Burat Kecamatan Kepil serta Desa Gondang Kecamatan Watumalang, berhasil menyabet predikat sebagai Desa Informatif 1,2,3 dan 4.

Sementara 4 Desa lainnya, yaitu Desa Igirmranak Kejajar, Desa Krinjing Watumalang, Desa Kalierang Selomerto dan Desa Winongsari Kaliwiro yang juga berada di jajaran 20 desa terbaik se-Jateng masuk dalam kategori Menuju Informatif.

“2 Desa lainnya, yaitu Desa Wonosari Kecamatan Wonosobo dan Desa Sindupaten Kecamatan Kertek belum berhasil masuk ke tahap visitasi tim penilai dari Komisi Informasi. Namun demikian kita tetap mengapresiasi upaya dan kerja keras semuanya,” urai Eko.

Menanggapi capaian positif desa-desa luar biasa tersebut, Wabup Agus Subagiyo mengaku sangat bangga dan bersyukur. “Wonosobo dengan segala keterbatasannya, terbukti mampu menerobos ke jajaran elit di lingkup Jawa Tengah,” ungkap Wabup ketika ditemui seusai menyerahkan piagam penghargaan.

Menurutnya, selain inspiratif, prestasi tersebut juga menumbuhkan optimisme bahwa dengan inovasi dan kesungguhan, serta didukung sinergi semua pihak, desa-desa di Wonosobo bisa sukses. Kepada semua Kades yang telah berhasil meraih prestasi, Agus meminta agar mereka tak jumawa, serta tetap menjaga tata kelola pemerintahan desa yang transparan, akuntabel dan informatif.

“Optimalkan teknologi informasi untuk mendukung terwujudnya desa berdaya, mandiri dan sejahtera. Sehingga di masa yang akan datang, semakin banyak prestasi yang diraih dan membanggakan Wonosobo,” pungkasnya.

Penulis: Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wonosobo
Editor: dnk/Diskominfo Prov Jateng

Berita Terkait