Targetkan 21% Warga Salatiga Lakukan Sensus Penduduk Online

  • 17 Feb
  • yandip prov jateng
  • No Comments

SALATIGA – Wali Kota Salatiga Yuliyanto dan wakilnya Muhammad Haris secara bersamaan melakukan input sensus penduduk online. Didampingi Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Salatiga, wali kota mengisi data menggunakan laptop, dan wakil wali kota dengan gawainya, di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Diponegoro 01, Senin (17/2/2020).

Wali Kota Yuliyanto mengajak masyarakat agar bisa melakukan sensus secara mandiri. Dia menjelaskan, untuk memudahkan proses sensus penduduk online, masyarakat disarankan untuk menyiapkan akta nikah, kartu keluarga, dan akta kematian bila ada anggota keluarga yang sudah meninggal.

“Kegiatan ini harus didukung seluruh masyarakat Salatiga. Kami harap bisa diisi secara mandiri dan penuhi prosesnya, karena sangat mudah,” katanya.

Kepala BPS Kota Salatiga Satriono menjelaskan, masyarakat bisa mengakses laman sensus ini secara mandiri. Untuk Salatiga, pihaknya mematok target lebih banyak dari target sensus penduduk online di tingkat nasional, yaitu 20 persen.

“Masyarakat yang belum mengisi sensus penduduk online secara mandiri, tetap akan ada pendataan dari BPS. Tepatnya pada bulan Juli mendatang mereka akan didatangi oleh petugas. Target program Sensus Penduduk Online untuk Kota Salatiga sebesar 21 persen,” terang Satriono.

Untuk memenuhi target tersebut, pihaknya menggunakan strategi dengan pendekatan melalui rapat koordinasi (rakor) di tingkat kecamatan. Pertemuan itu mengundang lurah dan kasi pemerintahan tingkat kelurahan dan kecamatan, kepala SMP, SMA, SMK, MA di wilayah tersebut, ditambah anggota LPMK, Koramil, Polsek dan Puskesmas.

“Dalam kegiatan tersebut akan dilaksanakan praktik sensus online, agar peserta bisa paham dan langsung menginput. Harapannya peserta bisa menginformasikan kepada lingkungan masing-masing untuk bersama menyukseskan program pemerintah,” harap Satriono.

 

Penulis : Koresponden Salatiga

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Berita Terkait