“iCilacap” Diprediksi Genjot Minat Baca

  • 05 Feb
  • yandip prov jateng
  • No Comments

CILACAP – Sebagai upaya menggenjot minat baca khususnya generasi milenial, Pemkab Cilacap melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan terus berupaya melakukan inovasi. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi berbasis digital untuk layanan peminjaman buku perpustakaan. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Arpus Cilacap, Supriyanto, usai kegiatan Forum Perangkat Darerah (Konsultasi Publik) Renja 2021 di Ruang Audio Visual Dinas Arpus Cilacap, Senin (03/02).

“Masyarakat yang tidak sempat datang ke perpustakaan nantinya dapat langsung membaca buku melalui iCilacap dengan gratis setelah mengunduh aplikasinya melalui Playstore. Ke depan, iCilacap akan memiliki fitur offline yang dapat diakses oleh pengunjungnya, sehingga daerah di Cilacap yang minim jaringan internet, nantinya juga dapat merasakan kemudahan untuk membaca literasi melalui aplikasi tersebut,” jelas Supriyanto.

Ditambahkan, sebagai aplikasi hasil kerjasama Dinas Arpus Kabupaten Cilacap bersama dengan PT Woolu Aksara Maya, iCilacap merupakan inovasi dari program layanan perpustakaan yang sudah ada sebelumnya, yakni E-Pusda. Kehadiran iCilacap akan menyuguhkan warna berbeda dengan sejumlah konten menarik untuk masyarakat Cilacap, baik versi online maupun . Dengan aplikasi iCilacap, Supriyanto optimis minat baca masyarakat semakin meningkat karena terjangkau oleh semua kalangan, tidak terbatas ruang dan waktu. iCilacap sendiri baru akan diluncurkan pada momen hari jadi Kabupaten Cilacap mendatang.

Sementara Uong Suparno, Asisten Administrasi Sekda Cilacap mengatakan, program inovasi yang digagas Dinas Arpus Cilacap merupakan hal baru di Jawa Tengah. Bahkan iCilacap dinilai mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) lingkup Kabupaten Cilacap. Program tersebut juga dianggap selaras dengan sejumlah program Pemkab Cilacap dalam mengikuti perkembangan revolusi industri 4.0.

“Tentunya kami mendukung program iCilacap ini, karena memang selaras dengan program yang sedang dikembangkan Pemkab Cilacap, yakni Cilacap SmartCity,” pungkasnya.

Penulis: rin_gs/guruh (Kontributor Cilacap)
Editor: dn (Diskominfo Prov. Jateng)

Berita Terkait