Dari DD, Tonjong Akan Bangun Rest Area

  • 23 Dec
  • yandip prov jateng
  • No Comments

Brebes-Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa di Kecamatan Tonjong, akan dibangun rest area yang bersumber dari Dana Desa (DD). Rest area tersebut, rencananya untuk membuka peluang usaha bagi masyarakat dengan berbagai macam sajian kuliner dan sarana peristirahatan  lainnya. Didalamnya, akan dikelola oleh gabungan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) se Kecamatan Tonjong.

Demikian disampaikan Camat Tonjong Cecep Adji Suganda sosialisasi dan konsolidasi pelaksanaan Dana Desa 2020 di aula kecamatan setempat, Sabtu (21/12)

Menurut Cecep, Tonjong menjadi tempat strategis untuk dibuatkan rest area karena menjadi titik lelah perlintasan lalu Jakarta-Jogja, tepatnya di Desa Kutamendala.

“Rest Area ini juga menjadi transit ke berbagai tempat wisata seperti Kampung Purba Galuh Timur, Balapusuh Garden, Antapsari Duren Rajawetan dan lain-lain,” ungkap Cecep.

Bupati Brebes Idza Priyanti SE MH road show sosialisasi dan konsolidasi Pelaksanaan Dana Desa Tahun 2020 di Tonjong merupakan putaran terakhir dari 17 Kecamatan  se Kabupaten Brebes.

Bupati Brebes Idza Priyanti SE MH di damping Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Rofik Qoidul Adzam, kasi penguatan Kelembagaan Dinpermades Edi Purwanto, Kepala Bagian Perekonomian Setda Brebes Julining Purila Dewi, dan perwakilan Kepala OPD lain.

Di  putaran terakhir, kata Idza, pada prinsipnya dari 17 Kecamatan yang telah didatangi sudah melaksanakan dan menggunakan Dana Desanya sesuai lalur dan sesuai waktu. Bupati juga menyampaikan apresiasi kepada para Kepala Desa yang sudah berjuang dan bekerja secara baik sehingga Dana Desa yang ada benar benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Tiap kecamatan, sudah menggunakan ditahun 2019 dengan baik dan untuk 2020 untuk program  prioritas seperti Stunting, RTLH, Jambanisasi dan Pendidikan.
Idza juga mengaku senang karena diberbagai kecamatan tengah melakukan inovasi dengan memanfaatkan potensi daerah untuk dikembangkan menjadi sumber pendapatan desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Rofiq Qoidul Adzam menyampaikan, pelaksanaan Dana Desa Tahun 2019 di 17 kecamatan sudah terbilang cukup baik dan tentunya diharapkan untuk tahun 2020 mendatang juga akan berjalan lebih baik dan lancar.

Rofiq berpesan, agar antara camat dan para kepala desa harus rutin menjalin komunikasi yang bisa dilakukan melalui acara semacam Cofee Morning yang dilaksanakan setiap seminggu sekali sesuai arahan dari Bupati. Karena menurut Rofiq melalui komunikasi yang baik akan dapat memperlancar segala kegiatan dan dengan komunikasi yang rutin pula segala macam hambatan dan permasalahan akan secepatnya terselesaikan. (Yaser Arafat/Wasdiun)

Seksi Humas dan Komunikasi Publik
Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Brebes
Telp. 0283-672907
Website: www.brebeskab.go.id
Email : humasbrebes@yahoo.co.idhumasbrebes@gmail.com
fb : humasbrebes@yahoo.co.id
IG : @dinkominfotik

Berita Terkait