Launching Gapura Nusantara Bakal Digelar Meriah

  • 20 Dec
  • yandip prov jateng
  • No Comments

 

 

Kota Pekalongan – Kota Pekalongan akan memiliki ikon baru, sebuah gapura di Alun-Alun Kota Pekalongan yang diberi nama Gapura Nusantara. Gapura cantik bernuansa batik ini akan diresmikan oleh Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz SE, Minggu (22/12/2019). Ini bagian dari langkah Pemerintah Kota Pekalongan untuk menata dan mempercantik Kota Pekalongan.

Menurut Walikota Saelany dengan penataan di beberapa pusat keramaian di Kota Pekalongan termasuk Alun-Alun Kota Pekalongan ini akan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Pekalongan. Gapura Nusantara ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata bagi masyarakat Kota Pekalongan dan mengundang para wisatawan luar daerah. “Ini mendukung potensi wisata lainnya di Kota Pekalongan termasuk wisata belanja batik dan wisata kulinernya,” tandas Saelany.

Adanya ikon wisata baru di Kota Pekalongan ini, Saelany berpesan agar masyarakat Kota Pekalongan ikut menjaga, seperti tetap menjaga kebersihan dan tidak sembarangan membuang sampah. “Penataan Alun-Alun Kota Pekalongan ini agar ke depannya dapat digunakan sebagai ruang publik kreatif masyarakat. Jadi ini kami tata betul-betul menjadi ruang publik supaya masyarakat bisa mengeksplor kegiatan di sini,” tutur Saelany.

Pada 22 Desember mendatang berbagai rangkaian kegiatan akan digelar untuk launching Gapura Nusantara ini. Kegiatan dimulai dari pagi yakni senam santri dan malam hari pesta kembang api. Beberapa kegiatan yang akan memeriahkan Launching Gapura Nusantara ini yaitu senam santri, sarapan megono bersama, skesta action, performance (rampak, terbang genjring, gendhuk jawanan, pembacaan puisi, dan teatrikal), kirab walikota, dan pesta kembang api. Rangkaian kegiatan ini dimulai pukul 06.00 sampai 23.30 WIB.

Bahkan sebelum diresmikan, Walikota Saelany bersama Vespa Batik Community menggelar Scooteran Bareng Walikota, Sabtu (21/12/2019) pukul 05.30 mulai dari Gapura Nusantara sampai Pantai Ujung Negoro Batang.

Walikota Saelany mengajak masyarakat, komunitas, dan sebagainya untuk ikut berpartisipasi memeriahkan Launching Gapura Nusantara.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)

Berita Terkait