Diterangi Obor, Pramuka Tegas Sampaikan Ulang Janji

  • 14 Aug
  • bidang ikp
  • No Comments

Semarang – Senin (13/8) malam, Taman Makam Pahlawan Nasional Giri Tunggal dibanjiri para remaja berseragam pramuka. Mereka berbaris rapi di lapangan tempat Upacara Renungan dan Ulang Janji Pramuka dalam rangka peringatan HUT ke-57 Pramuka Tahun 2018.

Hanya diterangi beberapa obor dan lampion, suasana pun menjadi lebih khidmat. Kata demi kata ulang janji, diucapkan dengan tegas, seolah mereka men-charge kembali semangat sebagai seorang Pramuka untuk ikut berperan dalam membangun bangsa dan negara ini.

Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP yang menjadi Inspektur Upacara menyampaikan, sebagai generasi penerus bangsa, anak muda diminta untuk bisa mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Dasa Dharma Pramuka. Tidak hanya itu, mereka juga tuntut harus tetap konsisten dalam mengamalkan Dasa Dharma Pramuka karena itu merupakan tugas sebagai anak-anak bangsa. Dengan begitu, bangsa dan negara Indonesia bisa menjadi bangsa dan negara yang besar.

“Bangsa dan negara ini akan terus menjadi bangsa dan negara yang besar, kalau kemudian anak-anak bangsa ini betul-betul bisa mengamalkan Dasa Dharma Pramuka. Tugas kita adalah konsisten seperti satunya pikiran, perkataan, dan perbuatan, sehingga keluhuran dari gerakan ini akan bisa kita tunjukan kepada seluruh masyarakat yang ada ditanah air dan seluruh dunia,” katanya.

Ditambahkan, Gerakan Pramuka merupakan senjata ampuh dalam membangun dan memperkuat karakter generasi penerus. Karenanya, Gerakan Pramuka harus bisa menunjukan gerakan itu sangat antisipatif terhadap perubahan dan peradaban serta bersahabat dengan perkembangan zaman.

Gerakan Pramuka, ujar Ganjar, dituntut bisa membuat anggotanya terus berpikir maju kedepan dan membuat ide-ide kreatif, sehingga membentuk anak muda yang berkarakter. Ganjar juga berharap momentum HUT ke-57 Pramuka bisa menjadi wahana untuk memperkokoh kebhinekatunggalikaan, sehingga bisa merealisasikan tema Hari Pramuka di tahun ini, yaitu Pramuka sebagai Pererat NKRI.

 

Penulis : Kh, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Foto : Humas Jateng

 

 

Berita Terkait