Kunjungi Expo, Tumbuhkan Jiwa Enterpreneur

  • 29 Jul
  • bidang ikp
  • No Comments

Rembang – Sekda Provinsi Jawa Tengah Dr Ir Sri Puryono KS MP meminta agar para siswa bisa meramaikan Rembang Expo yang digelar Pemkab Rembang melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Kabupaten Rembang. Kehadiran pelajar tersebut selain meramaikan kegiatan expo juga bisa sebagai tempat pembelajaran mengenal produk-produk lokal dan menumbuhkan jiwa enterpreneurship kepada para siswa.

“Mari kita kunjungi bersama dan khususnya untuk anak-anak kita, nanti Pak Bupati perintahkan saja kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk secara bergantian bisa datang ke expo,” katanya saat pembukaan Rembang Expo di Balai Kartini, Sabtu (28/7) malam.

Menurutnya, dengan menghadiri expo yang diselenggarakan pada 28 Juli–4 Agustus 2018, para siswa bisa belajar langsung dari stand-stand produk lokal unggulan seperti batik, kerajinan tangan lokal, dan pengolahan makan. Dengan begitu dapat menambah wawasan mereka, meski tak di ruang kelas.

Sekda juga memberikan apresiasi kepada Pemkab Rembang yang berhasil menurunkan kemiskinan sebanyak tujuh persen, yakni dari 25 persen menjadi 18 persen. Dia mengajak masyarakat dan pihak swasta bersama-sama pemerintah bisa terus menekan angka kemiskinan.

“Jadi kalau sama-sama kita sengkuyung, saya kira kemiskinan akan berkurang dan terus kita tekan. Kemudian kesejahteraan meningkat, pendidikan meningkat, dan derajat kesehatan juga membaik,” ujarnya.

Pemkab Rembang juga diminta lebih banyak membuat event-event yang dapat menarik banyak pengunjung agar roda perekonomian masyarakat bisa terus bergulir.

Usai menghadiri expo, Sekda Sri Puryono kemudian bermain ketoprak di Alun-Alun Kabupaten Rembang. Rembang merupakan kabupaten/kota keempatnya bermain ketoprak setelah Kabupaten Pati, Kota Semarang, dan Kabupaten Jepara.

Sekda pun mengaku siap untuk bermain ketoprak, jika ada kabupaten/ kota lain di Jawa Tengah yang mengundangnya. Sebab, bermain ketoprak tidak hanya hobi namun juga upaya dalam pelestarian budaya nusantara.

Penulis : Kh, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Foto : Humas Jateng

Berita Terkait