Cinta Damai, Jaga Pelangi Kemajemukan

  • 11 Feb
  • bidang ikp
  • No Comments

Semarang – Aksi seorang remaja yang menyerang salah satu gereja di Sleman, yaitu Gereja Santa Lidwina, bersenjatakan pedang saat misa berlangsung pada Minggu (11/2) pagi membuat prihatin banyak pihak. Termasuk Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP. Mantan anggota DPR RI itu menyayangkan aksi anarkis yang dapat mengancam kebhinnekaan Indonesia.

Kula mau maca koran sedih. Wonten laporan intelijen. Seseorang ngamuk di gereja nggawa pedang. Diobrak-abrik gerejane. Niki mboten hoax. Itu ada videonya dan viral ke mana-mana. Tentu kita ikut bersedih. Napa sing kados niki Indonesia? Sak niki Pak Pangdam langsung ning Sleman,” ujarnya saat menghadiri Pengajian Akbar Mar’ah Sholikhah di Halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, Minggu sore (11/2).

Orang nomor satu di Jawa Tengah itu menuturkan, kemajemukan masyarakat Indonesia bagai pelangi yang indah. Masyarakat dunia bahkan kagum dengan kekayaan suku, agama, dan budaya nusantara. Kekayaan itu perlu terus dijaga dengan memperkokoh persatuan dan kesatuan serta memelihara cinta damai terhadap sesama.

“Mari kita jaga ketentraman. Saling rukun, menjunjung persatuan dan kesatuan bangsa,” ajaknya.

Ganjar mencontohkan, gotong royong warga Desa Purwohamba, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal yang berhasil membangun masjid megah bernama Masjid Baitus Salam berbekal iuran Rp 1.000 per hari. Pihaknya berharap, masyarakat Indonesia dapat mencontoh gotong royong yang dilakukan oleh warga Desa Purwohamba.

“Tadi saya di Tegal diminta meresmikan masjid. Masya Allah masjidnya bagus banget. Sehari masyarakat iuran Rp 1.000. Target dua tahun, tapi selesai dalam 18 bulan. Itu bantuan masyarakat murni. Gotong royong ini luar biasa,” ungkapnya.

Ganjar berharap, masjid selain sebagai tempat untuk mengaji, juga dapat untuk membahas persoalan yang tengah dialami masyarakat.

“Masjid harus menjadi pusat apapun bagi masyarakat. Ngaji dan persoalan masyarakat nggih dibahas wonten mriku,” harapnya.

 

Penulis : Ar, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Foto : Humas Jateng

Berita Terkait