PEMKAB CILACAP GELAR PERINGATAN HKN

  • 14 Nov
  • dev_yandip prov jateng
  • No Comments

CILACAP-Pemkab Cilacap, menggelar Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53, Minggu (12/11) di Gelanggang Olahraga Wijayakusuma. Kegiatan dimulai dengan outbound yang diikuti oleh para tenaga kesehatan di wilayah Cilacap, dibuka oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dr Marwoto mengatakan, peringatan Hari Kesehatan Nasional merupakan momentum untuk mendorong gerakan hidup sehat di kalangan masyarakat.

Kegiatan HKN ini lanjut Marwoto, untuk mengajak semua warga masyarakat, Lintas  sektoral untuk berperilaku hidup sehat dengan gerakan masyarakat sehat, serta menyukseskan program Bangga Mbangun Desa.

Berbagai kegiatan digelar dalam rangka HKN, mulai dari pemberian santunan kepada keluarga yang menderita sakit jiwa di Desa Karangsari Kecamatan Adipala, dan Mujur Kroya, pemberian santunan di panti rehabilitas sosial, serta pemeriksaan HIV AIDS.

Kegiatan Pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di Bantarsari yang melibatkan anggota pramuka, pemberian tablet penambah darah, pemeriksaan deteksi dini kanker Rahim, deteksi dini kanker rahim IVA yang dilaksanakan di Puskesmas, serta di Balai kesehatan lanal Cilacap.

Promosi kesehatan kepada kelompok rentan. Tidak hanya itu, kegiatan lainnya berupa pemeriksaan mata dan pembagian kacamata gratis kepada sebanyak 300 orang,  donor darah dan kegiatan lainnya, edukasi cuci tangan menggunakan sabun, penyuluhan bahaya narkotika, dan pengobatan gratis di seluruh UPT.

Pada kegiatan olahraga digelar sejumlah kegiatan seperti futsal, bulutangkis dan tenis meja. Pertandingan olahraga diikuti oleh 24 kontingen dari Puskesmas, Dinas, lembaga pendidikan kesehatan, Rumah Sakit, TNI, Polri dan Lanal.

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji mengajak seluruh yang hadir untuk selalu berbudaya hidup sehat. Mulai dari sendiri, serta mengajak keluarga dan masyarakat lainnya untuk selalu hidup sehat.

Menurut Bupati, dengan keluarga yang sehat, maka ekonomi akan menjadi kuat. Jika semua masyarakat sehat jasmani dan rohani, semua senang ini sebagai implementasi Bangga Mbangun Desa Pilar kesehatan.

Hadir dalam kegiatan HKN, antara Ketua DPRD Kabupaten Cilacap, Taswan, Wakil Bupati, Akhmad Edi Susanto, GM Pertamina, Plt Sekda Drs. Farid Maruf, MM, Direktur RSUD dan RSI Fatimah,  SKPD, Keluarga besar kesehatan dan undangan lain. (hromly)

Berita Terkait