Sragen Job Fair 2024 Dibuka, 46 Perusahaan Buka Lowongan

  • 14 Aug
  • yandip prov jateng
  • No Comments

SRAGEN – Pemerintah Kabupaten Sragen menggelar Sragen Job Fair 2024 selama 2 hari pada 14–15 Agustus 2024, di Gedung Sasana Manggala Sukowati. Sebanyak 46 perusahaan dan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) dari berbagai bidang, ikut berpartisipasi memberikan lowongan pekerjaan.
“Estimasi kesempatan yang dibuka mencapai 4.000 lowongan pekerjaan baik dari dalam maupun luar negeri, meliputi bidang industri, otomotif, perkantoran, lembaga keuangan, garmen, jasa, perhotelan, dan farmasi, dengan formasi yang dibutuhkan di antaranya supervisor, quality control, staf, mekanik, IT, manufactur engineering, marketing, security, dan operator,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sragen, Agus Winarno.
Ia berharap, dengan adanya bursa kerja, masyarakat yang datang akan mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat dan kompetensinya. Di sisi lain, perusahaan juga bisa memenuhi kebutuhannya akan pekerja yang kompeten.
“Dengan bertemunya pencari kerja dan penyedia lapangan pekerjaan dalam satu kegiatan, diharapkan Sragen Job Fair 2024 dapat mengurangi pengangguran di Sragen secara signifikan.” lanjutnya.
Terkait dengan jalannya acara di hari pertama ini, Agus mengatakan pengunjung yang mendaftar secara online dan offline sudah mencapai 1.800 orang. Ia mengaku telah melakukan promosi secara masif, melalui kerja sama dengan pengurus Bursa Kerja Khusus (BKK) yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan se-Kabupaten Sragen, agar publikasi mengenai Sragen Job Fair 2024 tersampaikan ke alumni dan siswa-siswi kelas XII.
“Selain menyampaikan informasi adanya Sragen Job Fair 2024 ini kepada pemerintah kecamatan dan kepala desa, kami juga memposting di empat akun sosial media Disnaker, agar dapat menjangkau masyarakat umum di seluruh penjuru Sragen hingga ke luar kota,” terang Agus.
Terbukti dari datangnya seorang pengunjung asal Sukoharjo, Pitria, yang mengaku mengetahui adanya Sragen Jobfair 2024 ini dari akun Instagram @disnaker_sragenofficial.
“Saya tertarik untuk melamar formasi administrasi perkantoran, sesuai dengan pengalaman kerja saya sebelumnya, di perusahaan manufaktur atau bidang jasa lainnya,” tuturnya.
Sementara itu, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati berharap, para pencari kerja dapat memenuhi kriteria untuk mengisi 4.000 formasi lowongan pekerjaan yang ada.
Selain stan-stan perusahaan yang siap memberikan informasi terkait syarat, ketentuan, dan posisi yang dibuka, rangkaian acara berbasis ketenagakerjaan juga akan disuguhkan untuk para pengunjung. Acara terbagi menjadi delapan sesi, yang terdiri dari workshop, talk show, penyuluhan, bimbingan, dan lain-lain. Para pengunjung juga bisa menikmati makanan dan minuman UMKM binaan Technopark di halaman Gedung SMS.

Penulis : Rindah/Yuli_DiskominfoSragen
Editor : WH/DiskominfoJtg

 

Berita Terkait