“Si Mega Ruber”, Upaya Jateng Perkuat Keamanan Informasi

  • 23 Jul
  • bidang ikp
  • No Comments

SEMARANG – Kejahatan dunia siber semakin mengkhawatirkan. Karenanya, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), terus memperkuat keamanan informasi, termasuk memperkokoh Computer Security Incident Response Team (CSIRT), dengan meluncurkan Sinergitas Menjaga Ruang Siber (Si Mega Ruber).

“Hari ini kita launching Sinergi Menjaga Ruang Siber, Si Mega Ruber, ya mungkin kita tahu semua, bahwa kondisi sekarang ini, bahwa ruang siber ini sangat rentan untuk diintervensi atau diganggu atau dimanfaatkan oleh pihak pihak yang tidak berkepentingan sehingga kita perlu bagaimana kita menjaga ruang siber,” kata Sekda Jateng Sumarno saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor), dan meluncurkan Sinergitas Menjaga Ruang Siber (Si Mega Ruber), di aula Front One Hotel Kesambi Hijau, Kota Semarang, Selasa (23/7/2024).

Menurutnya, keamanan informasi menjadi tanggung jawa semua OPD. Untuk itu, dia mendorong jajarannya untuki selalu menjaga dan memperkuat aplikasi yang dimiliki, agar terhindar dari peretasan maupun kebocoran. Termasuk, apikasi online yang kerap menyasar website pemerintah.

Ditambahkan, untuk menghindari masuknya gangguan itu, dibutuhkan tim siber yang bisa memahami bagaimana mencegah, mengantisipasi, dan menangani. Jika terjadi insiden semacam itu, bisa cepat merespons, sehingga butuh koordinasi atau membangun kapasitas (capacity building) seperti pada kegiatan kali itu.

Sumarno menegaskan, penanganan keamanan informasi tidak bisa berdiri sendiri-sendiri, tapi butuh kolaborasi. Sinergi bersama sangat diperlukan, mengingat sistem informasi saling berhubungan.

“Bagaimana menangani insiden siber ini dapat dilakukan dengan baik. Sehingga rakor seperti ini dapat membangun kebersamaan sinergi, bagaimana menangani insiden siber di Jateng,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Provinsi Jateng Riena Retnaningrum mengatakan, saat ini dunia digital terus bergerak. Aplikasi terus bergerak, sehingga dibutuhkan pelatihan sumber daya manusia (SDM), penguatan infrastruktur, hingga menambah ilmu pengetahuan dan ketrampilan.

“Itu bukan hanya tanggung jawab Dinas Kominfo, tapi seluruh stakeholder, seluruh person, harus bisa menjaga ruang server-nya masing-masing,” tegas Riena.

Dia menambahkan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sudah mempunyai agen reaksi cepat dalam penanganan atau CSIRT, termasuk para OPD Jateng juga telah memiliki CSIRT. Hal serupa juga sudah dimiliki kabupaten dan kota di Jateng. Karenanya, dibutuhkan sinergi satu sama lain.

“Kita bersinergi, saling menjaga agar rumah siber kita tidak dimasuki orang. Harus ada SDM yang kompeten, SDM yang mempunyai komitmen, SDM yang mempunyai knowledge terkait dengan penjagaan ruang siber,” jelasnya.

Praktisi keamanan informasi dan siber, Tri Febrianto mengatakan, upaya yang harus dilakukan pemprov dalam mengamankan sistem informasi, yang terpenting adalah menanamkan rasa peduli akan pengamanan sistem di sisi siber, baik teknis maupun nonteknis.

“Contohnya tadi kalau nonteknis adalah kesadaran mereka untuk bisa memberlakukan, atau mempunyai habit yang aman masalah siber, seperti membuat password,” ungkapnya.

Kemudian, lanjut Tri, masalah teknikal, di mana membuat aplikasi tidak cukup memastikan berfungsi dengan baik, tetapi bagaimana memikirkan risiko ancaman siber dunia.

“Jadi itu seperti by design. Tapi tidak hanya itu, yang utama adalah SOP yang dijalankan, dan kapasitas harus di-upgrade itu juga ya, juga didukung dengan anggaran yang baik untuk membantu di sisi teknologinya. Karena memang perlu adanya teknologi untuk mendukung dan membantu untuk mengontrol itu. Jadi paling tidak, ada peringatan dini (early warning) kalau memang ada sesuatu yang mengancam, dan langsung bisa menghentikan,” ujarnya. (Ak/Ul, Diskominfo Jateng)

 

Berita Terkait