2024, BPR Bapera Batang Pasang Target Deviden Rp765 Juta

  • 07 Jul
  • yandip prov jateng
  • No Comments

BATANG – Tahun ini, Bank Perkreditan Rakyat Pemberdayaan Ekonomi Rakyat (BPR Bapera) mematok target deviden sebesar Rp765 juta. BPR Bapera juga menargetkan perolehan laba sebesar Rp1,3 miliar. Angka tersebut lebih tinggi daripada perolehan setahun sebelumnya.

Direktur BPR Bapera, Aji Setya Budi, mengatakan, setiap tahun terjadi peningkatan laba, sehingga deviden yang diberikan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Batang terus bertambah.

“Tahun 2023 memberikan deviden sebesar Rp684 juta, dengan perolehan laba Rp1,2 miliar,” bebernya, saat ditemui di kantornya, baru-baru ini.

Lebih lanjut, kinerja BPR Bapera telah diakui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yakni sebagai lembaga keuangan dengan sistem perbankan yang sehat.

Prestasi tersebut, imbuhnya, justru menjadi penyemangat untuk meningkatkan target pasar, yakni pelajar dan pelaku UMKM.

“Alhamdulillah bisa menambah 4.000 (orang) nasabah pelajar dan pelaku UMKM di Pasar Batang, Limpung, dan Bandar, hingga Rp3 miliar. Segmentasi kami di kalangan menengah ke bawah, di Rp1 juta sampai Rp5 juta untuk UMKM,” bebernya.

Kepala Kantor Perwakilan OJK Tegal, Novianto Utomo, mengimbau agar jajaran manajerial BPR Bapera terus meningkatkan tata kelola keuangan, meskipun telah memperoleh predikat terbaik dalam pengelolaan perbankan.

“Kategorinya masuk perbankan yang sehat, jadi jangan ragu kalau menabung di BPR manapun karena dijamin oleh LPS,” tegasnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengapresiasi kinerja dari salah satu bank milik Pemda tersebut. Kendati demikian, Lani berharap agar BPR Bapera meningkatkan sinergi dengan berbagai kalangan, demi meningkatkan perekonomian Batang.

“Kerja sama yang sudah baik ini harus ditingkatkan dengan menggandeng seluruh instansi, pelajar, hingga UMKM. Termasuk, meningkatkan pelayanan dan kreativitas agar mampu bersaing dengan perbankan lain di Batang,” tandasnya.

Penulis: Heri, Kontributor Batang
Editor: Tn, Diskominfo Jateng

Berita Terkait