Purbalingga Susun Rencana Induk Kota Cerdas

  • 13 Jun
  • yandip prov jateng
  • No Comments

PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten Purbalingga mulai menyusun rencana induk kota cerdas (smart city) dan program percepatannya (quick win).

 

Kepala Dinas Kominfo Purbalingga, Jiah Palupi Twihantarti, menjelaskan penyusunan rencana induk diawali dengan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahap I Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Kota cerdas) dan Quick Win Program Unggulan Kabupaten Purbalingga Tahun 2024.

 

“Adapun tujuan dari bimtek tahap 1 ini adalah melakukan persiapan, perencanaan, dan koordinasi penyusunan Masterplan Kota cerdas dan penentuan program Quick Win,” ungkapnya, di Gedung Ardilawet Setda Purbalingga, Kamis (13/6/2024).

 

Selain itu, bimtek tersebut bertujuan untuk menyusun prioritas pembangunan kota cerdas dalam kurun waktu 5 hingga 10 tahun, serta diskusi penentuan tujuan, sasaran, dan indikator keberhasilan program prioritas pembangunan kota cerdas. Tenaga ahli yang terlibat dalam kegiatan tersebut antara lain dari UGM Yogyakarta, Citiasia Inc, dan Perbanas Institute.

 

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Purbalingga, Mukodam mengatakan, Pemkab Purbalingga sudah memulai kegiatan yang berkaitan dengan enam dimensi dalam kota cerdas. Contohnya, Festival Gunung Slamet sebagai salah satu agenda wisata nasional yang merupakan bagian dari Smart oleh Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga.

 

Selain itu, imbuhnya, ada pula Smart Society yang diimplementasikan dalam kegiatan Gebrak Gotong Royong, dan Smart Economy melalui kegiatan Roadshow Pemulihan Ekonomi.

 

Mukodam berharap kegiatan rutin tersebut bisa memperlancar proses penyusunan Rencana Induk Kota Cerdas, sehingga dapat menemukan formulasi yang tepat dalam mewujudkan Purbalingga menjadi Kota Cerdas.

 

“Sebagai langkah awal Pemkab Purbalingga telah menetapkan SK Bupati tentang Dewan Kota cerdas yang melibatkan seluruh pimpinan OPD, Camat, dan Akademisi. Dan, SK tentang Tim Pelaksana Kota cerdas yang anggotanya seluruh sekretaris dinas, badan, dan kecamatan,” pungkasnya.

 

 

Penulis: Fph, Kominfo Purbalingga
Editor: Tn, Diskominfo Jateng

Berita Terkait