Bawaslu Kendal dan Jepara Lantik Anggota Panwascam

  • 27 May
  • yandip prov jateng
  • No Comments

KENDAL – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Kendal diminta untuk menjaga profesionalitas dan integritas. Sehingga, diharapkan pada pelaksanaan Pilkada mendatang dapat berjalan lancar, aman, dan kondusif.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki, pada pelantikan 60 Panwascam Kabupaten Kendal, di Resto Aldila, Jumat (24/5/2024). Untuk itu, bupati meminta agar informasi terkait Pilkada serentak ini dapat tersampaikan ke seluruh lapisan masyarakat, sehingga masyarakat teredukasi dengan merata. Salah satu yang krusial, adalah mengajak kepada masyarakat untuk menolak segala bentuk praktik politik uang.

“Optimalkan keterlibatan masyarakat, organisasi massa, pemantau Pemilu maupun media, untuk turut mengawasi jalannya setiap tahapan Pilkada serentak. Selain itu, harus bisa menjaga profesionalitas dan integritas, memperkuat komitmen menjaga persaudaraan, menjaga keamanan dan kedamaian, menguatkan koordinasi dan komunikasi, serta kolaborasi antarstakeholder Pilkada, termasuk masyarakat,” ajak wabup.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kendal, Hevy Indah Oktaria meminta Panwascam agar segera bekerja dan mulai menyesuaikan diri.

“Harus bekerja keras dan menjaga integritas dan profesionalitas sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujar Hevy.

Pada hari yang sama, sebanyak 48 Panwascam di Kabupaten Jepara juga dilantik di Pendapa RA Kartini, Jumat (24/5/2024).

Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta menyampaikan, Panwascam mempunyai peran yang sangat penting dan strategis dalam mengawal penyelenggaraan Pemilu agar berjalan sesuai konstitusi, memperhatikan asas langsung, aman, bebas, rahasia, jujur dan adil.

“Sebagai oran-orang terpilih, kami berharap anggota ini (Panwascam) nantinya bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan profesional,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Edy meminta kepada Camat untuk membantu memfasilitasi kegiatan anggota Panwascam.

“Bantu fasilitasi keuangan, ruangan, dan lain sebagainya,” pungkasnya.

Penulis:HR, Diskominfo Kendal/Fzl, Diskominfo Jepara
Editor: Di, Diskominfo Jateng

Berita Terkait