Pj Bupati Jepara Tinjau Perbaikan Jalan Jepara – Keling

  • 14 May
  • yandip prov jateng
  • No Comments

JEPARA – Untuk memastikan perbaikan jalan Jepara – Keling telah berjalan dengan baik, Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta meninjau perbaikan ruas jalan tersebut, di titik perbaikan Desa Sekuro, Kecamatan Mlonggo, Senin, (13/5/2024).

“Dari Jepara hingga Keling kurang lebih ada 16 titik yang harus diperbaiki. Saat ini jalan tersebut telah dilakukan perbaikan,” jelas Edy.

Edy menyampaikan, jika laporan terkait kerusakan jalan Jepara – Keling ini memang banyak dikeluhkan masyarakat melalui media sosial, portal lapor bupati, maupun disampaikan secara langsung. Oleh karena itu, pihaknya secara rutin melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, khususnya Dinas Bina Marga dan Cipta Karya selaku pihak yang berwenang.

“Memang banyak keluhan dari masyarakat terkait jalan Jepara – Keling. Tetapi ini sudah mulai diperbaiki,” tuturnya.

Kepala Balai Pengelolaan Jalan (KBPJ) Wilayah Pati, Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah Api D Prasetyaji menjelaskan, perbaikan jalan tahun ini dilakukan secara bertahap, karena banyak titik di jalan Jepara – Keling yang rusak. Namun, perbaikan jalan sebagian sudah dilakukan, terutama di titik Desa Mambak Kecamatan Pakis Aji dan Sambungoyot, Keling.

“Saat ini memang kami menggunakan anggaran pemeliharaan. Hanya untuk dua titik itu kami gunakan pemeliharaan khusus, karena kondisinya yang rusak parah,” katanya.

Disampaikan, tahun ini, perbaikan jalan raya Jepara – Keling mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp1,2 miliar. Jika masih kurang, akan menggunakan pengalihan anggaran perbaikan dari ruas jalan lain di Jawa Tengah. Sementara rencana rehabilitasi akan diajukan lewat perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Tengah.

“Karena keterbatasan anggaran, untuk perbaikan titik-titik tertentu bisa kita gunakan pengalihan dari ruas jalan yang lain karena memang anggaran kita terbatas,” jelas Aji.

Menurutnya, kerusakan jalan Jepara – Keling diakibatkan karena beban kendaraan yang tidak sesuai dengan kondisi jalan. Sehingga, perlu dilakukan perencanaan dan penganggaran lebih lanjut, guna perbaikan dan peningkatan kualitas jalan.

Penulis: Diskominfo Jepara/Reza
Editor: Di, Diskominfo Jateng

Berita Terkait