6 KK Terdampak Penataan Benteng Pendem Terima Tali Asih

  • 01 Mar
  • yandip prov jateng
  • No Comments

KABUPATEN SEMARANG – Sebanyak enam kepala keluarga (KK) yang terdampak penataan kawasan Fort Willem I atau Benteng Pendem, di Kelurahan Lodoyong, Ambarawa  menerima tali asih uang tunai dari Bupati Semarang Ngesti Nugraha. Penyerahan tali asih dilakukan di ruang utama Rumah Dinas Bupati Semarang di Ungaran, Kamis (29/2/2024).

Bupati Ngesti Nugraha mengatakan, bantuan tali asih itu merupakan bentuk kepedulian terhadap warga, yang harus pindah karena ada pengerjaan fisik di lokasi proyek. Sementara, tidak ada ganti rugi dari Kementerian PUPR sebagai pelaksana penataan kawasan cagar budaya itu.

Dikatakan, penataan Benteng Pendem merupakan proyek nasional yang harus didukung semua pihak. Penataan bertujuan menyulap bangunan peninggalan bersejarah itu menjadi destinasi wisata yang memadai.

Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada warga  yang bersedia pindah dengan sukarela.

“Semoga nantinya destinasi wisata itu bermanfaat bagi warga Ambarawa dan Kabupaten Semarang,” ujarnya.

Perwakilan warga penerima tali asih, Endang Murtiningsih (60) berterima kasih atas kepedulian Bupati Semarang terhadap nasib mereka. Enam kepala keluarga itu merupakan pensiunan pegawai Lapas Ambarawa dan pensiunan TNI, yang tinggal di lingkungan Warunglanang Kelurahan Lodoyong.

“Terima kasih kepada Bapak Bupati, sudah diperhatikan. Tali asih ini dapat memenuhi sebagian kebutuhan kami, untuk pindah dari lokasi penataan,” ujarnya.

Ditambahkan, seluruh warga yang tergusur itu telah mendapatkan rumah kontrakan sebagai tempat tinggal pengganti. Lokasinya tidak jauh dari sebelumnya, seperti di lingkungan Bugisan, Bejalen, Pojoksari dan Lodoyong.

Penulis : Junaedi
Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Berita Terkait