TMMD ke-119, Desa Tejasari dan Desa Cilapar Segera Terhubung

  • 16 Feb
  • yandip prov jateng
  • No Comments

PURBALINGGA – Jalur penghubung antara Desa Tejasari dengan Desa Cilapar, di Kecamatan Kaligondang, menjadi salah satu fokus kerja program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-119 tahun 2024.

 

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Purbalingga, Danang Nuswantoro, menjelaskan, TMMD ke-19 akan dilaksanakan selama 30 hari, mulai 20 Februari hingga 20 Maret tahun 2024.

 

Dijelaskan, pembangunan infrastruktur pada program TMMD tersebut berupa pembangunan jalan baru penghubung kedua desa di Kecamatan Kaligondang, dengan panjang 600 meter dan lebar 4 meter, pembangunan talud dengan ukuran panjang 2.440 meter tinggi 0,8 meter dan lebar 0,3 meter, pembangunan 1 unit jembatan, 4 unit gorong-gorong, dan 2 unit talud beton.

 

“Kegiatan tersebut akan ditopang dengan anggaran sebesar Rp1,02 miliar, yang bersumber dari APBD Provinsi (Jateng) sebesar Rp250 juta, APBD Kabupaten Purbalingga sebesar Rp770 juta,” tambah Danang, saat menyampaikan laporannya dalam acara Rapat Koordinasi Teknis TMMD Manunggal Membangun Desa yang ke-119 tahun 2024, di Operation Room Graha Adiguna Kompleks Pendapa Dipokusumo Purbalingga, Jumat (16/2/2024).

 

Pada acara yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Purbalingga, Yani Sutrisno Udi Nugroho, yang mewakili Bupati Purbalingga, mengatakan, tema TMMD ke-119 adalah Dharma Bhakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah.

 

“TMMD merupakan program terpadu antara TNI dengan Pemerintah Daerah dengan tujuan mendorong percepatan pembangunan di wilayah, mendorong ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, dan yang penting adalah membangun kemanunggalan TNI dengan masyarakat,” tutur Yani, sapaan akrabnya.

 

Sementara itu, Kepala Staf Kodim 0702, Riswanto, menjelaskan manfaat dari pembangunan infrastruktur jalan penghubung antardesa tersebut.

 

“Manfaatnya, antara lain terbukanya akses jalan pertanian dari Desa Tejasari ke Desa Cilapar, dan memperlancar arus lalu lintas perekonomian masyarakat dan desa,” ucap Riswanto.

 

Penulis: an, Kominfo Purbalinga
Editor: Tn, Diskominfo Jateng

Berita Terkait