40 UMKM Ikuti Gerakan Pangan Murah

  • 05 Feb
  • yandip prov jateng
  • No Comments

KUDUS – Sebanyak 40 UMKM binaan Pemerintah Kabupaten Kudus, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), dan Bulog, ikut serta dalam Gerakan Pangan Murah Melalui Gelar Hasil Tani. Kegiatan tersebut digelar di Halaman Kantor Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus, Jumat (2/2/2024).

Saat meninjau kegiatan Gerakan Pangan Murah, Penjabat (Pj) Bupati Kudus Muhamad Hasan Chabibie menyebut, kegiatan tersebut sebagai salah satu wujud negara hadir, untuk merespons secara cepat atas situasi harga pangan dan bahan pokok lainnya yang tidak stabil.

“Menanggapi situasi saat ini tentu pemerintah wajib hadir. Salah satu upayanya dengan menggelar gerakan pangan murah ini,” ucapnya.

Hasan yang meninjau transaksi jual beli antara pedagang dengan masyarakat, mengapresiasi pemberlakuan harga yang lebih murah dibanding harga eceran tertinggi (HET). Sehingga, cukup membantu masyarakat.

Dia mengungkapkan, gerakan pangan murah yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Pangan, merupakan upaya meminimalisasi inflasi, sehingga pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kudus dapat terus tumbuh dengan stabil.

“Harapannya, dengan terkendalinya inflasi, pertumbuhan ekonomi kita terus meningkat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus Didik Tri Prasetiyo mengatakan, kegiatan seperti itu akan diselenggarakan sekali setiap bulannya.

“Ada sebanyak 40 UMKM binaan kami, Gapoktan, dan Bulog. Untuk kegiatan seperti ini akan kami selenggarakan setiap Jumat minggu kedua tiap bulannya,” katanya.

Warga Desa Gondangmanis, Bae, Kudus, Tutik (50), mengaku terbantu dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut. Menurutnya, harga bahan pokok yang didapatkan jauh lebih murah dibanding dengan harga di pasaran.

“Sangat membantu masyarakat kecil seperti saya. Harga di sini sangat terjangkau, seperti harga beras ini per kilogram Rp10.500, jauh lebih murah daripada di pasar yang mencapai Rp15.000 per kilogram,” sebutnya.

Sebagai informasi, dalam penyelenggaraan gerakan pangan murah, terdapat berbagai produk UMKM yang dijajakan, di antaranya beras, bumbu dapur, makanan kemasan home made, dan lainnya.

Penulis : Kontributor Kudus
Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Berita Terkait