Diluncurkan, Pemancingan Kartini Minopolitan Bulu Diharap Dongkrak Perekonomian Rakyat

  • 05 Feb
  • yandip prov jateng
  • No Comments

JEPARA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko meluncurkan Pemancingan Kartini Minopolitan, di Kelurahan Bulu, Kecamatan Jepara, Jumat (2/2/2024). Kawasan itu diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Sebelumnya kios yang ada di sekitar sini bukan pada peruntukannya. Apresiasi kepada Dinas Perikanan yang mengembalikan fungsinya, untuk kios makanan olahan ikan,” kata Edy, saat sambutan.

Meski telah diluncurkan, Edy meminta kepada beberapa dinas terkait, agar mengupayakan penataan dan kebersihan lingkungan. Sehingga diharapkan semakin memberi kesan positif yang selalu diingat pengunjung. Mereka menjadi tertarik dan kembali datang.

Sementara mengenai perkembangan sektor perikanan di Jepara, Sekda minta Diskan agar lebih aktif memberikan pendampingan. Sekaligus, melakukan pemantauan kepada pelaku budi daya ikan di Jepara. Diharapkan hasil produksi saat panen mencapai surplus, dan mampu menekan harga ikan di pasaran dan terjangkau di masyarakat.

“Dengan begitu semakin banyak masyarakat yang mengonsumsi ikan, sehingga tercukupi gizinya,” ujarnya.

Kepada masyarakat, dia juga mengajak agar melakukan budi daya dengan memanfaatkan lahan sekitar rumah. Seperti untuk budi daya ikan maupun sayuran.

“Pemerintah sudah memberikan bantuan berupa stimulus bagi kelompok masyarakat, yang akan membudidayakan ikan. Dengan bantuan tersebut, saya harap kelompok tersebut menjadi mandiri,” tuturnya.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Jepara Farikhah Elida menjelaskan, nantinya akan ada dua skema pemancingan, yakni turnamen dan skema harian family fun.

“Nantinya akan dikoneksikan dengan paguyuban binaan Dinas Perikanan. Sehingga, diharapkan saling menguntungkan baik secara ekonomi maupun untuk meramaikan ruko oleh-oleh olahan ikan,” tuturnya.

Sebagai informasi, pemancingan Kartini Minopolitan Bulu tersebut menempati lahan seluas 2,5 hektare, dengan luas tambak 4.500 meter persegi. Di dalamnya terdapat kurang lebih 3 kuintal ikan, termasuk ikan dengan kategori khusus lomba atau Galatama.

 

Penulis : DiskominfoJepara/Reza

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Berita Terkait