Terminal Tipe C Purwodadi Resmi Beroperasi

  • 02 Feb
  • yandip prov jateng
  • No Comments

PURWOREJO – Terminal Penumpang Purwodadi, Kabupaten Purworejo, resmi beroperasi mulai Jumat (2/2/2024). Pengoperasian terminal tipe C tersebut diresmikan langsung oleh Bupati Purworejo, Yuli Hastuti, bersama jajarannya.

 

Bupati mengatakan, pada 2023, di Kabupaten Purworejo, terdapat tiga terminal yang dibangun, sesuai fungsi dan kewenangannya, yaitu Terminal Penumpang Tipe A Purworejo (di depan Polres Purworejo) oleh Kementerian Perhubungan RI, Terminal Penumpang Tipe B (di sebelah utara Stasiun Kutoarjo) oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan Terminal Penumpang Tipe C Purwodadi yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Purworejo.

 

“Pembangunan Terminal Penumpang Tipe C Purwodadi dilatarbelakangi (oleh) perkembangan wilayah selatan Kabupaten Purworejo, yang tentunya harus diikuti dengan peningkatan sektor transportasi angkutan umum, khususnya di wilayah Purwodadi dan Ngombol,” ujarnya.

 

Dikatakan, Terminal Type C Purwodadi dibangun di atas tanah seluas 977 meter persegi, dengan alokasi anggaran pembangunan dari APBD Kabupaten Purworejo sebesar Rp2.573.197.000.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Purworejo, Hery Raharjo, melaporkan, pembangunan Terminat Purwodadi diselesaikan selama 150 hari kerja, lalu diserahterimakan pada 1 Desember 2023.

 

Ia berharap, terminal tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal, khususnya sebagai pusat pemberhentian angkutan umum pedesaan (angkudes) setempat.

 

Hery menuturkan, terminal Purwodadi dilengkapi dengan berbagai fasilitas, antara lain pos jaga, CCTV, kios, taman terbuka hijau, monumen manggis, dan sarana pendukung lainnya.

 

“Semoga dengan adanya terminal ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi masyarakat pengguna jasa pelayanan terminal,” jelasnya.

 

 

Penulis: Prokopim Purworejo
Editor: Tn, Diskominfo Jateng

Berita Terkait