Wabup Hanies Tinjau ke Lokasi Longsor

  • 11 Jan
  • yandip prov jateng
  • No Comments

REMBANG – Mendapat informasi adanya musibah tanah longsor di Desa Pakis, Kecamatan Sale, Wakil Bupati Rembang, Mohammad Hanies Cholil Barro’ langsung meninjau lokasi bencana, Rabu (10/1/2024).

Diketahui, longsor terjadi usai hujan deras yang terjadi pada Selasa (9/1/2024), yang mengakibatkan talud sepanjang kurang lebih 16 meter longsor, menimpa rumah dan kandang warga Pakis, Sapuan. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

Wabup menyampaikan, pihaknya akan bergerak cepat merehabilitasi area sekitar longsor. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan menghitung berapa kebutuhan penanganan tanah longsor tersebut, termasuk pembuatan bronjong.

Karenanya, wabup meminta semua pihak untuk bergerak cepat membangun kembali rumah korban, tebing dan kandang yang terkena longsoran. Pendanaan juga akan melibatkan banyak pihak.

”Untuk pendanaannya, ada dana desa, APBD, Baznas, dan CSR. Kita gerak cepat untuk rehabilitasi rumah korban, tebing, dan kandang sapi yang terkena longsor,” tandasnya.

Korban tanah longsor Sapuan menuturkan, jika saat ini dia tinggal di rumah menantunya. Ia mengaku bersyukur karena selamat, begitupun dengan sapi miliknya.

“Alhamdulillah, saat kejadian saya kebetulan pas tidak di rumah, sehingga nggak ada korban. Sapi saya alhamdulillah juga selamat, karena masih ada kayu penyangga yang tidak roboh,” ungkapnya.

Penulis: Mifta, Kominfo Rembang
Editor: Di, Diskominfo Jateng

Berita Terkait