Tokoh Masyarakat Diminta Ikut Jaga Kondusivitas

  • 16 Dec
  • yandip prov jateng
  • No Comments

JEPARA – Pimpinan organisasi kemasyarakatan, tokoh masyarakat, hingga ketua RT diminta ikut berperan dalam mewujudkan kondusivitas daerah.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko, saat menjadi narasumber pada sarasehan pembinaan ormas Kabupaten Jepara, di Aula Sultan Hadlirin Gedung OPD Bersama, Jumat (15/12/2023). Menurutnya, berada pada masa kampanye Pemilu 2024, para tokoh tersebut diminta ikut mendewasakan sikap masyarakat dalam perkembangan politik.

“Bapak/Ibu bisa ikut membantu menjelaskan kepada warga. Buat masyarakat adem ayem. Beda politik itu hanya pada 14 Februari 2024 di TPS,” katanya.

Belajar dari situasi itu, lanjutnya, para tokoh itu diminta mengajak masyarakat untuk tidak gontok-gontokan meski berbeda pilihan. Demikian pula dalam forum

“TNI dan Polri dengan ribuan pasukan pun tidak bisa menjaga, kalau masyarakatnya hanya mau gontok-gontokan,” tandasnya.

Kepala Staf Komando Distrik Militer (Kasdim) 0719/Jepara Mayor Arm. Syarifudin Widianto menambahkan, untuk menciptakan situasi kondusif, pihaknya bersinergi dengan banyak elemen.

“Termasuk memberdayakan tokoh masyarakat, dalam upaya menciptakan situasi yang kondusif,” kata Syarifudin.

Kasat Intelijen Polres Jepara R Aries Sulistyono menyampaikan apresiasi, kepada para tokoh agama di Jepara yang telah menciptakan kehidupan beragama penuh toleransi hingga saat ini.

“Terima kasih kerukunan beragama di Jepara terus dijaga. Bahkan di Donorojo, saya pernah menghadiri acara keagamaan agama tertentu. Ternyata yang menyambut adalah pemeluk agama lain. Sedangkan pemeluk agama yang sedang menyelenggarakan acara, benar-benar dimuliakan untuk fokus pada kegiatannya,” tambahnya.

Penulis: Kontributor Kab Jepara
Editor: Di, Diskominfo Jateng

Berita Terkait