Tangani AIDS, Pemkab Temanggung Gandeng Komunitas

  • 08 Dec
  • yandip prov jateng
  • No Comments

 

TEMANGGUNG – Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Dinas Kesehatan memperingati Hari AIDS Sedunia Tahun 2023, di Graha Bhumi Phala, Komplek Kantor Bupati Temanggung, Rabu (6/12/2023).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Intan Pandanwangi mengatakan, Peringatan Hari AIDS Sedunia dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kemandirian dalam pencegahan, penanggulangan, dan pengendalian penyebaran HIV/AIDS, serta meniadakan diskriminasi terhadap penyandang ODHA

Intan Pandanwangi menuturkan, dalam Peringatan HAS 2023 Kabupaten Temanggung mengadakan Talkshow Kesehatan HIV/AIDS dengan tema Bergerak Bersama Komunitas, Akhiri AIDS 2030.

“Dalam rangkaian pelaksanaan HAS Tahun 2023 ini juga untuk meningkatkan peran aktif komunitas dalam melakukan perubahan, berkontribusi dalam mencegah penularan virus HIV ke orang lain, terutama pasangan, memanfaatkan teknologi dalam menyebarkan informasi HIV AIDS, serta menciptakan generasi bebas stigma,” tambahnya.

Intan Pandanwangi menambanhkan, Pemkab Temanggung juga melakukan penguatan koordinasi dan kerja sama dengan komunitas dengan kegiatan penjangkauan populasi kunci untuk melakukan test HIV, pencegahan penularan infeksi HIV, dan penelusuran ODHA dalam mendapatkan pengobatan

“Inisiasi ODHA baru On ARV, pemantauan kepatuhan ODHA dalam minum ARV, penelusuran pada pasien hilang (lost to follow up), serta pemeriksaan Viral Load ODHA juga terus dilakukan,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati yang diwakili Pj. Sekda Temanggung, Agus Sujarwo
mengatakan, hingga saat ini, masalah AIDS masih menjadi masalah kesehatan global dan kesehatan nasional. Kesuksesan dalam penanggulangan HIV/AIDS tidak mungkin dicapai, jika tidak didukung oleh seluruh stakeholder dan pemerintah dari tingkat paling atas sampai tingkat desa dan seluruh lapisan masyarakat.

“Saya mengingatkan kepada semua stakeholder termasuk seluruh komunitas yang ada untuk memperkuat perannya,” katanya.

Penulis: MC.TMG/Ti;Fa;Ekp
Editor: WH/DiskominfoJtg

Berita Terkait