Perangkat Daerah Diimbau Tingkatkan Inovasi

  • 02 Nov
  • yandip prov jateng
  • No Comments

UNGARAN – Bupati Semarang Ngesti Nugraha mengimbau segenap perangkat daerah dan pemangku kepentingan lainnya untuk terus meningkatkan inovasi di lembaga masing-masing. Sebab, dia yakin, inovasi di semua bidang kehidupan dapat mendorong peningkatan kesejahteraan hidup warga.

Hal itu disampaikannya, saat membuka gelar riset dan teknologi Kabupaten Semarang di pendapa rumah dinas bupati setempat, Rabu (1/11/2023).Disampaikan, dirinya mengapresiasi Badan Perencanaan Pembangunan, Riset, dan Inovasi Daerah (Bapperida), yang melibatkan para pelajar tingkat SMP. Sehingga, budaya berinovasi dapat ditanamkan sejak dini di kalangan pelajar.

Kepala Bapperida Kabupaten Semarang M Muslih menjelaskan, indeks inovasi Kabupaten Semarang tahun ini meningkat masuk kategori sangat inovatif. Pada dua tahun lalu berada di kelompok inovatif.

Karenanya, pihaknya akan terus mendorong perangkat daerah dan masyarakat untuk terus berinovasi mendukung pembangunan daerah.

Kabid Riset dan Inovasi Daerah Bapperida Kabupaten Semarang, Tun Ikhtiarti menambahkan, peningkatan indeks inovasi dipengaruhi jumlah inovasi dan tingkat kematangannya yang dilaporkan ke Kemendagri.

“Tahun ini, kami menginput 20 inovasi dengan tingkat kematangan lebih tinggi dari tahun lalu. Semua inovasi telah disimulasikan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, juga diserahkan penghargaan kepada para juara Kreanova 2023. Di antaranya, DPMPTSP dan Puskesmas Bancak untuk kategori perangkat daerah. Selain itu, ada pula pemenang kategori umum dan pelajar.

Penulis: Junaedi, Diskominfo Kab Semarang
Editor: Di, Diskominfo Jateng

Berita Terkait