Terasvara, Cara Warga Batang Berkreasi Seni secara Edukatif

  • 16 Oct
  • yandip prov jateng
  • No Comments

BATANG – Terasvara, pagelaran berbagai kesenian oleh para pelaku seni di Kabupaten Batang, tak hanya menjadi media berekspresi pegiat seni, tetapi juga ahang ajang penampilan karya edukatif yang membawa informasi dan pesan moral tertentu.

 

 

 

Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Batang, Ahmad Suroso, menyampaikan, para pelaku seni menampilkan beragam kesenian baik, tari, musik, sastra, teater, dengan mengusung tema yang berbeda, seperti penanggulangan stunting dan perundungan.

 

 

 

Lebih lanjut, pihak DKD Batang juga akan membuka kesempatan bagi para seniman jalanan untuk tampil dalam Terasvara.

 

 

 

“Saya yakin seniman jalanan pun punya karya yang tidak kalah bagusnya. Tentunya bagi seniman jalanan yang ingin tampil harus memenuhi standarisasi yang ditentukan oleh Komite Musik,” tegasnya, usai gelaran Terasvara bagian kedua, di sepanjang Jalan Veteran Kabupaten Batang, Sabtu (14/10/2023).

 

 

 

Ahmad menyebut, setiap pribadi punya sisi berkesenian dengan keunikan masing-masing. Karenanya, Terasvara memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi warga Batang dan sekitarnya untuk menunjukkan karya dan talentanya.

 

 

 

Penjabat Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki mengapresiasi kreativitas dan keunikan para penampil. Lani pun meminta DKD Batang untuk menggelar Terasvara setiap bulan.

 

 

 

“Terasvara jadi media positif mengembangkan bakat anak-anak, sehingga terhindar dari perilaku perundungan. Gelaran ini juga bisa jadi sarana edukasi, misalnya seperti pertunjukan teater bertema stunting,” sanjungnya.

 

 

 

 

Salah seorang tokoh masyarakat, Eddy Christian, mendukung penuh gelaran Terasvara melihat antusiasme warga yang menyaksikan kegiatan tersebut.

 

 

 

“Anak muda dan seniman Batang tidak perlu khawatir. Bu Pj (Bupati) juga pemikat seni, jadi pasti dapat dukungan penuh. Saya setuju tiap bulannya Terasvara menampilkan keragaman karya seniman-seniman muda Batang,” tandasnya.

 

 

 

Penulis: Heri, Kontributor Batang

Editor: Tn, Diskominfo Jateng

Berita Terkait