FK Metra Temanggung Juarai Lomba Pertunjukan Rakyat

  • 10 Oct
  • bidang ikp
  • No Comments

WONOSOBO – Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Kabupaten Temanggung menjadi Juara I Lomba Pertunjukan Rakyat (Pertunra), yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah. Penyerahan hadiah dilakukan Asisten Administrasi Sekda Provinsi Jateng, M Arif Sambodo, di Hotel Dafam, Wonosobo, Selasa (10/10/2023) malam.

Pada ajang Penghargaan FK Metra dan Film Pendek Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se-Jateng tersebut, juga diserahkan hadiah untuk KIM WR Supratman, Kabupaten Purworejo, sebagai Juara I Film Pendek, yang mengusung judul Kuwatir.

Asisten Administrasi Sekda Provinsi Jateng, M Arif Sambodo mengapresiasi peran FK Metra dan KIM, yang ikut menyosialisasilan program pemerintah kepada masyarakat,  dengan mengusung kearifan lokal.

“Bagaimana mereka bisa menyampaikan program pemerintah dengan lugas kepada masyarakat, tanpa bahasa pemerintahan. Artinya, ada kearifan lokal yang menyentuh masyarakat,” ujarnya.

Diakui, perkembangan teknologi informasi yang pesat membuat banyak kanal dapat dimanfaatkan dalam penyampaian informasi. Baik yang moderen, yakni secara digital, maupun tradisional seperti Pertunra. Bahkan, menurut Arif, kesenian tradisional perlu diberdayakan, ditingkatkan, dan dikenalkan kepada masyarakat.

“Saya berharap ini bukan saja ajang kompetisi. Tapi bisa menjadi trigger atau perangsang agar mengoptimalkan FK Metra dan KIM, dalam mendiseminasikan informasi pembangunan yang telah, sedang, dan akan dilakukan melalui Pertunra dan pemutaran film,” tegas Arif.

Kepala Diskominfo Jateng Riena Retnaningrum membeberkan, selama ini pihaknya telah bekerja sama dengan FK Metra dan KIM, dalam menyampaikan kebijakan pemerintah kepada masyarakat. Ajang penghargaan kali ini diselenggarakan untuk mengapresiasi kiprah dan peran mereka.

Ditambahkan, tema yang diangkat tahun ini adalah Mari Bersama Cegah Stunting. Melalui tema itu diharapkan dapat mengedukasi masyarakat tentang apa itu stunting dan cara pencegahannya. Sehingga, dapat mendorong penurunan stunting dan memenuhi target nasional penurunan angka stunting menjadi 14 persen pada 2024 mendatang.

“Perlu kami sampaikan, KIM bagi pemerintah adalah partner, dan keberadaan KIM bagi masyarakat penting, sebagai upaya mengikis hoaks, interpreter, sekaligus influencer. Apalagi tahun ini tahun politik, di mana hoaks semakin seksi. Mari bersama-sama kita konter lewat FK Metra dan KIM,” tandas Riena.

Berikut hasil lomba selengkapnya :

Pemenang Lomba Pertunra FK Metra :

Juara 1 : FK Metra Kabupaten Temanggung

Juara 2 : FK Metra Kota Semarang

Juara 3 : FK Metra Kabupaten Brebes

Juara Harapan 1 : FK Metra Kabupaten Karanganyar

Juara Harapan 2 : FK Metra Kabupaten Tegal

Juara Harapan 3 : FK Metra Kabupaten Semarang

 

Pemenang Lomba Film Pendek KIM :

Juara 1 : KIM WR Supratman Kabupaten Purworejo (Kuwatir)

Juara 2 : KIM Desa Kandang Kabupaten Pemalang (Paweling)

Juara 3 : KIM BA Kabupaten Banyumas (Wader)

Juara Harapan 1 : KIM Mantep Karangpandan Kabupaten Karanganyar (Kuatir)

Juara Harapan 2 : KIM Bima Kabupaten Karanganyar (Ojo Gelo)

Juara Harapan 3 : KIM Punduh 1 Kabupaten Tegal (Karmen)

 

(Ul, Diskominfo Jateng)

 

Berita Terkait