Pj Bupati Cilacap Imbau ASN Budayakan Kerja Berintegritas

  • 29 Sep
  • yandip prov jateng
  • No Comments

CILACAP – Para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di bawah komando Penjabat (Pj) Bupati Cilacap untuk menumbuhkembangkan tiga hal, yakni budaya kerja, budaya melayani dan budaya integritas.

 

Pesan itu disampaikan Pj Bupati Cilacap, Yunita Dyah Suminar, pada acara Pengambilan Sumpah/Janji PNS bagi CPNS Formasi Tahun 2021 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap, di Pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap, baru-baru ini.

 

“Pesan saya simple, ada tiga budaya yang harus mereka punya. Pertama adalah budaya kerja, kedua budaya melayani,
dan yang ketiga budaya integritas,” ungkap Yunita yang ditemui seusai acara.

 

Dijelaskan oleh Yunita, contoh dari budaya kerja, yakni PNS harus mampu bekerja secara tim, saling berkolaborasi agar bisa mendapatkan produktivitas yang tinggi atau yang baik. Contoh budaya melayani adalah PNS harus mampu menjaga perilakunya dan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

 

“Yang terakhir integritas. Di manapun mereka bertugas, mereka harus jaga integritas. Maka saya ingatkan sekali lagi jangan berikan pelayanan karena imbalan, tetapi ini adalah ruang pengabdian. Jangan sekali-kali menjadi PNS kalau ingin menjadi orang kaya raya,” tegasnya.

 

Di tempat yang sama, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Cilacap, Budi Santosa, menyampaikan, sebanyak 464 orang CPNS angkatan 2021 diambil sumpahnya, terdiri dari 47 orang tenaga kesehatan, dan 417 orang tenaga teknis.

 

“Jumlah CPNS yang tahun 2022 diangkat sebanyak 469 orang, hari ini 464 orang diangkat menjadi PNS. 4 orang yang tidak diangkat telah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri,” ungkapnya.

 

Budi merinci, ratusan orang CPNS yang diangkat menjadi PNS tersebut terdiri dari 14 orang dengan golongan II/a, 206 orang golongan II/c, 193 orang golongan III/a, dan 51 orang golongan III/b.

 

Selain itu, imbuhnya, terdapat dua orang lulusan IPDN Angkatan 28 tahun 2021 yang belum melaksanakan pengambilan sumpah menjadi PNS.

 

Lebih lanjut, ratusan CPNS yang diambil sumpahnya tersebut telah lulus Pelatihan Dasar (Latsar) dan uji kesehatan sebagai syarat utama, serta menjalani masa percobaan lebih dari 1 tahun dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap.

Penulis: My, Kominfo Cilacap
Editor: Tn, Diskominfo Jateng

Berita Terkait