Jateng Peringkat I Jumnas PMR Tingkat Nasional di Lampung

  • 11 Jul
  • bidang ikp
  • No Comments

LAMPUNG – Kontingen PMI Jawa Tengah meraih peringkat satu dalam Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) tingkat Nasional IX tahun 2023 yang diselenggarakan di Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, pada 2-10 Juli 2023.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Tengah, Sarwa Pramana mengatakan, PMI Jateng meraih peringkat satu nasional. Di peringkat pertama ini, Jateng bersama sembilan provinsi lain.

“Peringkat satu itu kan ada sembilan provinsi, tapi Jawa Tengah peringkat satu nasionalnya,” kata Sarwa melalui sambungan telepon, Selasa (11/7/2023).

Sarwa menilai, prestasi peringkat satu Jateng itu di antaranya karena nilai portofolio Jateng yang bagus mencapai 60 persen, dan 40 persen sisanya berasal dari kegiatan lomba di Jumbara. Portofolio itu meliputi kapasitas relawan, keahlian, data, CV, dan semua dokumen yang diskenariokan untuk kegiatan tersebut. Mulai dari seleksi awal, sampai final.

Ditambahkan, PMI Jateng akan mempertahankan prestasi tersebut, di antaranya dengan cara meningkatkan kapasitas relawan, menjaga performance setiap tim, terus berinovasi dalam menampilkan kesenian daerah, serta meningkatkan kemampuan personel dalam berbahasa dan mempertahankan adat dan kebudayaan daerah lokal.

Sarwa berharap, kekompakan tim dan kapasitas para pembina, dan pendamping yang telah berpengalaman di Jumbara, agar ditingkatkan.

“Ini kabar baik sekaligus tantangan untuk mempertahankan. Tidak perlu jumawa karena ini sifatnya evaluasi hasil belajar,” kata Sarwa, seusai menerima kedatangan kontingen di Pusdiklat PMJ Jawa Tengah, Senin (10/7/2023).

Selain itu, ia berpesan agar prestasi tersebut juga menjadi motivasi untuk berperan nyata di lingkungan sekitar.

“Saya juga berpesan agar hasil Jumnas di Lampung menjadi motivasi untuk berkarya nyata, berperan di sekolah atau lingkungan masing-masing. Adik-adik harus bisa membuktikan bahwa ikut PMR itu banyak sekali manfaatnya, meningkatkan kreativitas, dan prestasi,” ujarnya.

Sebelumnya, PMI Jateng pernah meraih prestasi serupa di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, tahun 2016.

Sebagai informasi, kegiatan Jumbara ini diselenggarakan 2-10 Juli 2023, untuk mempererat tali silaturahmi antarpeserta dan kontingen dari berbagai provinsi se-Indonesia serta 12 negara sahabat.

Berikut ini peringkat Jumnas PMR di Lampung 2023 : Peringkat I diraih Jawa Tengah dengan total nilai 92.36 sekaligus sebagai Juara Umum, disusul DKI Jakarta dengan nilai 89.67 dan Bali yang mengumpulkan nilai 88.69. Masih pada Peringkat I, ada Provinsi Banten, DI Yogyakarta, Bengkulu, Jawa Barat, Gorontalo, Sumatera Utara.

Pada Peringkat II yang pertama ditempati Kalimantan Tengah, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Sulawesi Barat, Aceh, Sulawesi Utara, Kalimantan Utara, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Lampung, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Jambi, dan Nusa Tenggara Timur.

Pada Peringkat III yang pertama ditempati Maluku Utara, disusul setelahnya Riau, Nusa Tenggara Barat, Papua Barat, Papua, dan terakhir Maluku. (Ak/Ul, Diskominfo Jateng)

 

Berita Terkait