Bupati Tebar Bibit Ikan Awali Gerak Bening

  • 12 Jun
  • yandip prov jateng
  • No Comments

KABUPATEN SEMARANG- Ribuan bibit ikan ditebar di sepanjang Sungai Panjang, Ambarawa, mengawali gerakan bersih anak sungai dan tebar benih di Rawa Pening (Gerak Bening) dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup 2023, Sabtu (10/6/2023).

Bupati Semarang Ngesti Nugraha menyampaikan, perlu terus diadakan penyadaran kepada masyarakat, untuk peduli lingkungan hidup, termasuk daerah aliran sungai (DAS). Terutama, aliran sungai yang bermuara ke Rawa Pening sebagai salah satu danau alam yang termasuk prioritas nasional.

“Warga jangan membuang sampah apalagi plastik ke sungai. Hal ini perlu adanya penyadaran (kepada masyarakat),” ujarnya.

Kepala DLHK Provinsi Jawa Tengah Widi Hartanto terus mengampanyekan kepedulian warga di daerah aliran sungai untuk menjaga kelestariannya.

Ketua panitia pelaksana Gerak Bening Prapto Nugroho menjelaskan, sedikitnya 500 personel ikut andil dalam Gerak Bening. Mereka antara lain berasal dari anggota TNI, Polri, Pramuka, dan relawan lintas komunitas (Relinko).

“Lewat gerakan ini diharapkan bersih-bersih sungai menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, terutama di sepanjang DAS,” ujarnya.

Disampaikan, beberapa aliran sungai yang menjadi sasaran pembersihan di antaranya Sungai Torong, Panjang, dan Bejalen. Kegiatan sosial itu dilaksanakan dengan menggandeng peran serta salah satu BUMN.

Sebagai informasi, selain tebar benih ikan, diserahkan pula bantuan 685 bibit pohon penghijauan dan puluhan tempat sampah kepada warga. Bupati juga melakukan penanaman aneka jenis bibit pohon durian di lapangan Desa Bejalen, Ambarawa.

Penulis: Junaedi, Diskominfo Kab Semarang
Editor: Di, Diskominfo Jateng

Berita Terkait