Apel Kebangsaan, Pati Gelar Kirab Merah Putih

  • 15 Nov
  • yandip prov jateng
  • No Comments

PATI – Dalam rangkaian Hari Pahlawan, Pemerintah Kabupaten Pati menggelar Apel Kebangsaan “Merajut Kebhinekaan dalam Bingkai NKRI”, Sabtu (12/11/2022). Dalam event tersebut, juga dilaksanakan Kirab Merah Putih yang dimulai dari Alun-Alun Pati.

Kirab Merah Putih tersebut diikuti 5.000 peserta, terdiri TNI Polri, Ormas, pesantren, perguruan silat, dan masyarakat. Dengan membentangkan bendera raksasa sepanjang kurang lebih 1.500 meter, peserta diberangkatkan oleh Penjabat (Pj) Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro. Dari Alun-alun Pati, rombongan melintasi beberapa ruas jalan di Pati, dengan jarak sekitar empat kilometer.

Henggar mengatakan, Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk. Melalui kegiatan-kegiatan kebangsaan, diharap dalam merawat kebhinekaan, sehingga nantinya akan terus dapat mempertahankan keutuhan NKRI.

Ditegaskan, adanya momentum ini akan semakin mempersatukan seluruh elemen masyarakat di Indonesia, khususnya di Kabupaten Pati, serta meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

”Saat ini banyak tantangan yang lebih berat harus kita hadapi sebagai penerus bangsa. Mudah-mudahan dengan rasa persatuan, kita semakin bersinergi dalam mempertahankan NKRI,” jelasnya, seusai Apel Kebangsaan.

Henggar menambahkan, melalui apel dan ikrar kebangsaan, dapat meneguhkan kembali prinsip cinta tanah air. Merah Putih sebagai lambang negara, sekaligus. lambang harga diri.

“Sebagai warga yang cinta tanah air kita tidak boleh terpecah belah. Karena kemerdekaan ini diraih dengan perjuangan,” tandas Henggar.

 

Penulis : Kontributor Pati
Editor : Ul, Diskominfo

Berita Terkait