281 Tahun, Rembang Terus Berprestasi

  • 28 Jul
  • yandip prov jateng
  • No Comments

REMBANG – Sejumlah capaian positif berhasil ditorehkan Pemerintah Kabupaten Rembang pada usianya ke-281 tahun.

Hal itu disampaikan Bupati Rembang Abdul Hafidz, saat memberikan sambutan pada upacara hari jadi ke-281 Kabupaten Rembang di pendapa Museum RA Kartini, Rabu (27/7/2022). Disampaikan, capaian positif tersebut, di antaranya pertumbuhan ekonomi pada 2021 berada diangka 3,85 persen, naik 1,49 persen dari tahun sebelumnya. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga mengalami kenaikan, dari 70,02 persen pada 2020, menjadi 70,43 persen pada 2021.

“Rembang wis ngalami lompatan sing banggaake sajroning pembangunan. Pertumbuhan ekonomi mundak, IPM yo mundak. (Rembang sudah mengalami kemajuan dalam sektor pembangunan. Pertumbuhan ekonominya naik, IPM juga naik),” jelas bupati.

Bupati menambahkan, Kabupaten Rembang juga banyak menorehkan prestasi dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Di antaranya, meraih penghargaan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) pada 2021 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), sehingga membuat Rembang mendapatkan penghargaan WTP selama empat tahun berturut-turut.

“Penghargaan yang kita dapat jangan sampai membuat kita berpuas diri. Penghargaan tadi harus menjadi lebih penyemangat untuk untuk bekerja,” tuturnya.

Sedangkan sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, lanjut bupati, Rembang telah masuk ke dalam program smart city. Di mana akan semakin banyak layanan yang memudahkan masyarakat dalam berbagai hal.

Bupati menyampaikan, jika dirinya tak memungkiri masih ada kekurangan dan catatan selain banyak kemajuan. Namun, semua komponen masyarakat diharapkan bisa saling mendukung satu sama lain. Dengan semangat bersama-sama, berbagai persoalan dan tantangan ke depan akan bisa dilewati dengan mudah.

“Rembang duweke kita kabeh. Rembang tanggung jawab kita kabeh. Rembang kudu kita bangun bareng-bareng. (Rembang punya kita semua. Rembang tanggung jawab kita semua. Rembang harus kita bangun bersama-sama),” ujar Bupati.

Dengan potensi sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki, bupati berharap, hal itu bisa dimanfaatkan untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

“Rembang duwe potensi sing daerah liya durung tentu duwe. Iki kudu dimanfaatke kanggo kesejahteraan masyarakat. (Rembang punya potensi yang daerah lain belum tentu punya. Ini harus dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat),” pungkasnya.

Penulis: Mif/Rud, Kominfo Rembang
Editor: Di, Diskominfo Jateng

Berita Terkait