Portal Berita
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah
Purworejo Miliki Mal Pelayanan Publik
- 01 Mar
- yandip prov jateng
- No Comments

PURWOREJO – Masyarakat Purworejo semakin dimudahkan untuk mengakses pelbagai layanan publik, yakni melalui mal pelayanan publik (MPP) yang berada di kompleks Kantor Bupati Purworejo.
Bupati Purworejo, Agus Bastian, menyatakan, MPP dibangun dengan tujuan menyediakan akses layanan bagi warga dengan prinsip memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan, dan kenyamanan kepada masyarakat. Selain itu, MPP diharapkan mendukung upaya pemerintah untuk meningkatan daya saing global dalam memberikan kemudahan berusaha.
Melalui MPP, imbuhnya, warga bisa mengakses berbagai layanan sekaligus. MPP memiliki 24 gerai untuk menangani 109 jenis layanan, ditambah dengan pelayanan OSS dan Si Ida. Keberadaan MPP juga dimaksudkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti praktik pungutan liar (pungli).
“Jadi masyarakat bisa mengurus semua, surat izin, surat nikah, paspor, KTP, apa aja ada. Mulai dari lahir hingga mati bisa diurus di sini. Masyarakat diminta untuk mengurus sendiri keperluannya dan tidak melalui calo,” ujarnya pada acara Soft Launching Mal Pelayanan Publik (MPP), beberapa waktu lalu.
Dikatakan, pihaknya akan terus melakukan pengembangan layanan, salah satunya dengan pemanfaatan teknologi terkini demi peningkatan mutu layanan.
“Mal Pelayanan Publik diperuntukkan seluruh warga, (yakni) untuk memudahkan semua pelayanan yang ada di seluruh instansi. Jadi, masyarakat akan lebih mudah dalam mengurus dalam satu tempat dan jam yang sama. Hasilnya juga dalam waktu yang sama. Itu harapannya,” bebernya.
Agus menjelaskan, pembangunan MPP merupakan satu dari 90 pekerjaan konstruksi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Purworejo pada 2021.
Dirinya berharap, seluruh proyek pembangunan yang telah dilaksanakan ini dapat dimanfaatkan dan dipelihara dengan sebaik-baiknya. Pada hakikatnya, pembangunan yang dilaksanakan merupakan hasil dari perencanaan yang sudah sistematis, bukan pembangunan yang sporadis. Perencanaan pembangunan tersebut merupakan representasi dari keinginan masyarakat agar pembangunan terus berjalan. Dampaknya adalah pelayanan publik yang semakin baik.
Penulis: Kontributor Purworejo
Editor: Tn, Diskominfo Jateng