Suroso, Penderita Kanker Usus Dapat Kejutan Ultah dari Ganjar

  • 18 Aug
  • Prov Jateng
  • No Comments

Semarang – Tulisan singkat Suroso di grup facebook Media Informasi Kota Semarang (MIK Semar) mengenai informasi penemuan dompet dan kondisi kesehatannya yang menderita kanker usus, mencuri perhatian Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP. Orang nomor satu di Jawa Tengah itu langsung menengoknya di RSUP Kariadi, Jumat (18/8). Saat ini dia tengah menunggu antrean kemoterapi ke-12 pada 20 Agustus mendatang.

Laki-laki berusia 21 tahun tersebut seperti mendapat kejutan, tepat di hari ulang tahunnya hari ini. Belum hilang rasa terkejutnya, Ganjar yang datang bersama istrinya Hj Siti Atikoh, menghadiahkan lagu “Selamat Ulang Tahun” untuknya.

Saat mengajak berdialog, Ganjar kerapkali melontarkan candaan dan motivasi kepada warga Tegal itu. “Ulang tahunnya jangan menangis. Tertawa,” ujarnya.

Ganjar kemudian menanyakan apakah Suroso sudah memiliki calon istri. Sebab, dalam curahan hati yang dia postingkan di grup facebook MIK Semar, Suroso menuliskan “doakan saya sembuh dan bisa menikah”. Ternyata setelah dikonfirmasi, dia belum memiliki pendamping. Jawaban Suroso pun menuai tawa.

Saat diminta menyampaikan curahan hatinya, Suroso meminta agar teman-temannya yang sehat lebih bersyukur. Apalagi, ternyata saat ini banyak orang yang terkena kanker.

“Harapan saya di ultah saya, semoga bisa sembuh kembali, bisa bertemu dengan teman-teman kembali. Saya patahkan ucapan dokter, bahwa kemoterapi hanya memperpanjang hidup saya dua sampai lima tahun. Tetapi saya Islam. Saya percaya Allah yang mengatur. Saya¬† ingin menemani masa tua ibu saya,” ucapnya dengan menitikkan air mata.

Harapannya diamini Gubernur Ganjar Pranowo. Namun, Ganjar mengingatkan agar Suroso terus berdoa, dan semangat melawan penyakitnya.

“Berdoa ya. Dokternya berusaha, kamu penuh semangat. Tuhan akan mengabulkan apapun cobaannya kan,” kata Ganjar memberi semangat.

Ganjar memberi perhatian kepada Suroso karena dia bangga dengan integritas bungsu dari lima bersaudara itu. Di tengah sakit yang menderanya, Suroso tidak patah semangat menemukan pemilik dompet yang jatuh di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP Kariadi. Kala itu Suroso memposting informasi penemuan dompet di MIKS, dengan harapan orang yang merasa kehilangan bisa menemuinya. Dan, dompet itu sekarang sudah kembali ke pemiliknya secara utuh.

Postingan Suroso juga dibacakan Gubernur Ganjar Pranowo pada Resepsi Kenegaraan HUT ke-72 RI tingkat Provinsi Jateng, Kamis (17/8) malam. Petikan postingan tersebut sebagai berikut, “Hay semua. Ini aku. Asalku dari Tegal. Saya ikut grup ini karena dulu nemu dompet dan aku kembalikan lewat info grup ini. Dari tanggal 14 aku sudah di Semarang sendirian, dan menelepon ibu setiap saya kangen. Tujuan saya berobat kemoterapi di RSUP Dr Kariadi karena saya penderita kanker usus dan menjalani operasi tiga kali dan harus kolostomi/perlubangan di perut. Sudah 3 hari saya tidur di tempat ini. Tepatnya di ruang tunggu pendaftaran yang hari ini terlihat sepi karena libur 17 (Agustus). Saya hanya membawa satu tas berisi pakaian, surat-surat penting, powerbank dan perlengkapan mandi dan saya gunakan untuk bantal pada saat malam hari, selama saya di Semarang.”

 

Penulis : Rt, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

 

Berita Terkait