Mantapkan Nasionalisme, MQKN Gelar Debat Konstitusi

  • 02 Dec
  • bidang ikp
  • No Comments

Jepara РUntuk kali pertama Musabaqoh Qiroatil Kutub Nasional (MQKN) yang sudah diselenggarakan kali keenam, mengikutkan mata lomba debat konstitusi berbasis kitab kuning. 

Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Kamarudin Amin menyampaikan, lomba debat konstitusi berbasis kitab kuning ini menjadi ikhtiar untuk memberi jawaban sebagian masyarakat yang menyatakan jika nasionalisme tidak ada dalam Islam. Melalui lomba tersebut, akan diketahui bahwa nasionalisme adalah bagian dari ajaran Islam berdasarkan sumber literatur yang otoritatif.

“Nasionalisme dan keislaman adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Kajian literatur di ponpes, telah membuktikan itu semua,” tuturnya dalam Pembukaan MQKN VI, Jumat (1/12) di Pondok Pesantren Raudlatul Mubtadiin Jepara.

Menteri Agama Lukman Hakim yang membuka kegiatan yang berlangsung hingga 6 Desember itu menuturkan, literatur kitab kuning dijadikan basis dalam pelaksanaan MQKN. Para santri akan diuji kemampuannya dalam membaca teks arab tanpa harakat. Para santri berlomba memahami dan mengartikulasikan teks itu di hadapan dewan hakim. Termasuk, dalam debat konstitusi berbasis kitab kuning.

Lukman menambahkan, dia sangat mengapresiasi pola pendidikan di pondok pesantren. Antara lain, selalu ada semangat memperbaiki, menerapkan etika dan akhlak terpuji sebagai kebiasaan harian, mencintai ilmu pengetahuan dan toleran dengan sesamanya.

“Untuk itu, pondok pesantren sesungguhnya bukan hanya milik pondok itu sendiri, tapi milik kita semua, milik Indonesia. Indonesia sangat beruntung punya pondok karena dengan jiwa keikhlasannya, pondok pesantren sejak dulu mampu berdiri di atas kemandiriannya,” kata dia.

Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP menyambung, dia mengaku tertarik dengan diadakannya lomba debat konstitusi berbasis kitab kuning. Dia berpendapat, lomba itu akan memantapkan bagaimana seorang warga negara berbangsa, bernegara dan berkonstitusi.

 

Penulis : Rt, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Foto : Humas Jateng

Berita Terkait