Koperasi dan UMKM Pantang Putus Asa

  • 06 Jul
  • Prov Jateng
  • No Comments

Semarang – Anggota koperasi maupun pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) diminta pantang putus asa meski pertumbuhan koperasi dan UMKM mengalami pasang surut. Justru mereka harus terus berinovasi agar eksistensi koperasi dan UMUM tidak kalah dengan kapitalisme.

“Koperasi sebenarnya adalah pesan para pendiri negara yang juga tertuang di dalam konstitusi kita. Memang perlu perjuangan karena selalu ada pasang surut. Tapi kita tidak boleh berhenti karena itu hal yang baik untuk masyarakat,¬†untuk ekonomi kita ke depan,” tegas Wakil Gubernur Jawa Tengah Drs H Heru Sudjatmoko MSi saat memimpin rombongan Ziarah Peringatan Hari Koperasi Tingkat Provinsi Jawa Tengah Ke-70 di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal, Kamis (6/7).

Mantan Bupati Purbalingga itu menjelaskan, apabila koperasi yang merupakan soko guru perekonomian dan UMKM hanya mengikuti mekanisme pasar, tanpa adanya inovasi, mereka dapat kalah bersaing dengan para pengusaha besar di tanah air.

Pihaknya berharap, semakin banyak investasi padat karya yang ditanamkan di Jawa Tengah, sehingga semakin banyak masyarakat terserap sebagai tenaga kerja. Apabila merek semakin sejahtera perekonomiannya, semakin besar pula kesempatan mereka menjadi anggota koperasi.

“Investasi kita harapkan padat karya, bisa banyak menampung tenaga kerja. Sehingga mereka punya kemampuan untuk menjadi anggota koperasi, punya daya beli terhadap produk-produk UMKM. Untuk kawan-kawan yang aktif dalam bidang koperasi, atas nama Bapak Gubernur dan Pemprov, kami menyampaikan terima kasih dan selamat berjuang. Jangan menyerah ini misi suci sesuai konstitusi kita,” pesannya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah Drs Ema Rahmawati MHum menyampaikan untuk memberdayakan UMKM, pihaknya menggagas e-commerce bernama Sadewa Market. Pasar digital itu membantu para pelaku UMKM memasarkan produk-produknya.

“Untuk Sadewa memang kemarin kita baru soft launching. Tetapi ini sistemnya sudah dipersiapkan. Kami gencarkan pelatihan untuk pelaku UMKM dan grand launching akan kita laksanakan pada hari jadi Pemprov di Jepara. Semua kabupaten/ kota akan kita dampingi untuk pelatihannya karena kita juga ada agen Sadewa,” terangnya.

 

Penulis : Ar, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

 

 

Berita Terkait