Cakap Terapkan Sistem Merit, 22 Kabupaten/Kota di Jateng Sabet Penghargaan Gubernur

  • 08 Dec
  • bidang ikp
  • No Comments

MAGELANG РCakap menerapkan meritokrasi, sebanyak 22 kabupaten/ kota di Jawa Tengah meraih penghargaan dari Penjabat. Gubernur Jateng. Dengan penghargaan tersebut, diharapkan semakin mendorong pemerintah daerah untuk mampu menerapkan manajemen ASN, berdasarkan kualitas dan kinerja, yang pada akhirnya meningkatkan  mutu layanan masyarakat.

Acara yang   berlangsung di Hotel Artos Magelang, Kamis (7/12/2023) itu, dihadiri Wakil Ketua KASN Tasdik Kinanto, Sekda Jateng Sumarno, dan Kepala BKD Rahmah Nur Hayati. Hadir pula, penjabat bupati, sekda kabupaten/kota serta para kepala badan kepegawaian.

Wakil Ketua KASN Tasdik Kinanto mengapresiasi 22 kabupaten/ kota, yang telah memperoleh kategori baik dan sangat baik. Ia mendorong semua wilayah di Jateng juga menerapkan manajemen ASN, yang sesuai dengan amanat reformasi.

“Untuk 13 kabupaten/ kota perlu kita dorong dan fasilitasi untuk pendampingan, supaya menerapkan sistem merit dan manajemen talenta,” urainya.

Tasdik meminta, pemangku wilayah benar-benar memiliki kemauan untuk belajar. Hal ini dicontohkan dengan Kota Magelang yang kini menjadi kategori sangat baik.

“Kalau ada kemauan komitmen dan kerja keras sungguh-sungguh, buruk jadi baik, dan baik jadi sangat baik. Komitmen pimpinan sangat menentukan,” imbuhnya.

Sekretaris Daerah Jawa Tengah Sumarno mengatakan, melalui sistem merit akan tercipta jenjang karier yang sesuai kinerja. Bukan lagi sekadar suka tidak suka, atau kedekatan semata.

Merit point akan mengeliminasi sistem karier yang tidak benar. Dan nantinya menciptakan pemimpin yang akuntabel, profesional, dan berintegritas,” paparnya.

Sumarno kembali menekankan, agar ASN di Jateng tetap netral selama masa pesta demokrasi.

Adapun, daftar kabupaten/kota penerima penghargaan Gubernur Jateng terkait meritokrasi adalah :

Kategori Sangat Baik

1. Kota Magelang

2. Kota Pekalongan

 

Kategori Baik

1. Kabupaten Cilacap

2. Kabipaten Pati

3. Kota Salatiga

4. Kabupaten Batang

5. Kabupaten Grobogan

6. Kabupaten Tegal

7. Kabupaten Banjarnegara

8. Kabupaten Brebes

9. Kabupaten Wonosobo

10. Kabupaten Boyolali

11. Kota Tegal

12. Kabupaten Banyumas

13. Kabupaten Blora

14. Kabupaten Semarang

15. Kabupaten Temanggung

16. Kabupaten Karanganyar

17. Kabupaten Purbalingga

18. Kabupaten Kendal

19. Kabupaten Kebumen

20. Kabupaten Kudus

 

(Pd/Ul, Diskominfo Jateng)

 

Berita Terkait