Cegah Penyelewengan, APIP Jateng Didorong Tingkatkan Level 

  • 02 Feb
  • bidang ikp
  • No Comments

Banyumas – Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dituntut terus meningkatkan level kapabilitasnya. Sehingga mereka bisa mencegah terjadinya penyelewengan.

Hal tersebut disampaikan Plt Inspektur Provinsi Jawa Tengah Siswo Laksono saat Rapat Koordinasi Antar-APIP Daerah, di Hotel Queen Garden, Baturaden, Kamis (1/2). Pertemuan yang diselenggarakan hingga Jumat (2/2) dengan tema “Mendorong Terwujudnya Capaian Peningkatan Kapabilitas APIP Level III” tersebut diikuti oleh Inspektur Kabupaten / Kota, Sekretaris Inspektorat, Inspektur Pembantu serta Pejabat Fungsional Auditor Inspektorat Kabupaten/ Kota se-Jawa Tengah.

Siswo menyampaikan, telah banyak aduan masyarakat yang langsung ditujukan kepada aparat penegak hukum, termasuk yang menyangkut penyelewengan. Apalagi, saat ini masyarakat cenderung lebih kritis dan berani menyampaikan aduan.

“APIP tidak bisa seratus persen mengendalikan setiap aduan masyarakat. Untuk itu satu-satunya cara agar kita bisa mengendalikan aduan dengan meningkatkan level kapabilitas APIP. Sehingga bisa mengantisipasi dan mencegah penyelewengan,” tegasnya.

Ditambahkan, rakor yang diselenggarakan tersebut merupakan pemantapan dari serangkaian kegiatan Rakortas yang dilakukan oleh para Inspektur Kabupaten/ Kota. Materi pokok yang diberikan antara lain, koordinasi APIP dengan Aparat Penegak Hukum dalam penanganan aduan masyarakat, dan telaah sejawat antar-APIP se-Jawa Tengah.

Sementara itu, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, Samono, menjelaskan sesuai Instruksi Presiden pada 2019 seluruh APIP diharapkan telah mencapai level III, yakni level tertinggi sesuai target nasional. Namun, saat ini baru ada 16 kabupaten/ kota yang kapabilitas APIP-nya telah mencapai level III. Sementara, 18 kabupaten/ kota berada pada level II, dan satu kabupaten baru level I.

Dalam acara tersebut juga diadakan penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Telaah Sejawat Antar-APIP se-Jawa Tengah, di mana telaah sejawat menjadi salah satu elemen untuk mencapai level III Kapabilitas APIP. Untuk memudahkan pemahaman dan implementasi telaah sejawat antar-APIP dilakukan pula sosialisasi dan simulasi telaah sejawat yg dibimbing langsung oleh BPKP. (Ul, Diskominfo Jateng)

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn

Berita Terkait