Portal Berita
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah
Usai Libur Lebaran, ASN Sragen Diminta Tingkatkan Pelayanan Masyarakat
- 09 Apr
- Yandip Prov Jateng (2)
- No Comments

SRAGEN – Bupati Sragen, Sigit Pamungkas mengajak seluruh pegawai baik ASN maupun NonASN untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sekaligus dapat menjaga sinergitas dan kolaborasi yang telah terjalin dengan baik, untuk mewujudkan masyarakat Sragen yang harmonis dan sejahtera.
Hal tersebut dikatakan Sigit Pamungkas saat memimpin apel pagi di hari pertama masuk kerja usai merayakan lebaran. Momen tersebut sekaligus menjadi ajang halal bihalal antara Bupati Sragen dengan seluruh jajaran Kepala OPD, dan pegawai di lingkup Kantor Terpadu Pemda Sragen, Selasa (8/4/2025).
“Mulai hari ini kita kembali aktif bekerja. Mari kita lebih giat ikhlas dalam bekerja, bekerja melayani masyarakat Sragen. Kehadiran kita sebagai ASN di sini karena lahir melayani rakyat, bukan diri kita sendiri,” jelas bupati.
Pada kesempatan tersebut, Sigit Pamungkas juga mengingatkan ASN untuk mulai menerapkan prinsip “Subsidiarity” dalam pekerjaan sehari-hari. Kewenangan pengambilan keputusan harus ditempatkan di tempat tanggung jawab atas hasil akan terjadi dan di dekat tempat tindakan diambil.
“Persoalan bisa diselesaikan dengan struktur dalam kendali bawah, tidak perlu dinaikkan. Selesaikan secepat-cepatnya tidak perlu menunggu ganti hari. Memang persoalan masyarakat ada yang mungkin tidak bisa diselesaikan secara langsung, tapi saya minta beri solusi yang terbaik segera,” ujar Sigit.
Di era digital seperti saat ini, lanutnya, ASN tidak boleh tutup mata terhadap pengaduan warga baik yang dilaporkan melalui media social, sekaligus merespon isu yang berkembang di masyarakat. Untuk itu, Ia meminta setiap unit OPD untuk melaporkan aspirasi dari warga setiap minggunya.
“Berbagai persoalan masyarakat didengar dan dicatat, segera ambil keputusan kebijakan terbaik untuk masyarakat. Biasanya yang disampaikan masalah jalan, masalah sosial, maupun sistem pelayanan kita. Kemudian dari laporan itu, diberikan catatan sudah ditangani atau belum,” pungkasnya.
Penulis : Miyos/Yuli DiskominfoSragen
Editor : WH/DiskominfoJtg