Portal Berita
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah
Tindaklanjuti Pengaduan Masyarakat dengan Cepat dan Tuntas
- 23 May
- yandip prov jateng
- No Comments

UNGARAN – Untuk meningkatkan mutu pelayanan umum, Pemerintah Kabupaten Semarang berupaya memperbaiki sistem penanganan pengaduan masyarakat. Sebab, saran dan kritik dari masyarakat bisa menjadi salah satu dasar pengambilan kebijakan pemerintahan dan pembangunan daerah.
Hal itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Semarang Wiwin Sulistyowati, saat membuka bimbingan teknis penanganan pengaduan masyarakat oleh perangkat daerah di Gedung Dharma Satya Lantai II kompleks kantor bupati setempat, Senin (23/5/2022). Mengingat pentingnya hal tersebut, pengaduan masyarakat harus segera ditindaklanjuti oleh OPD terkait. Sehingga diperlukan pemahaman dan pengetahuan setiap petugas di setiap OPD.
“Bimbingan teknis ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan mereka, untuk menindaklanjuti setiap pengaduan yang masuk,” katanya.
Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Semarang, Sri Puji Hartono, menjelaskan, saat ini ada tiga kanal pengaduan masyarakat yang dikelola. Selain lapor bupati melalui website www.semarangkab.go.id, juga ada lapor gub, serta Sistem Pengelolaan dan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR) Kementerian PAN-RB RI.
Disampaikan, dari pengamatan di website, rata-rata ada sembilan pengaduan masyarakat yang masuk setiap bulan. Selain pelayanan publik, masyarakat juga banyak yang mengeluhkan kondisi infrastruktur seperti jalan dan jembatan, serta penerangan jalan.
Sebagai informasi, bimtek diikuti 47 orang peserta perwakilan dari organisasi perangkat daerah, dengan menghadirkan narasumber penyelia teknis aplikasi pengaduan masyarakat dari Dinas Kominfo Kabupaten Semarang.
Penulis: Junaedi, Diskominfo Kab Semarang
Editor: Di/Ul, Diskominfo Jateng