Portal Berita
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah
Si Asmara, Percepat Proses Surat Menyurat Tanpa Takut Hilang
- 20 Aug
- yandip prov jateng
- No Comments

TEMANGGUNG – Untuk mendukung percepatan pelayanan di masa pendemi Covid-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Temanggung meluncurkan aplikasi Sistem Surat Menyurat Masuk Keluar alias Si Asmara. Sehingga proses surat menyurat, bisa lebih cepat.
Sekretaris Dinkes Kabupaten Temanggung, Dwi Sukarmei mengatakan, tiap hari seratusan surat diterima maupun dikeluarkan Dinkes, untuk berbagai urusan, termasuk dalam penanganan Covid-19.
“Surat menyurat yang selama ini manual lantas ditertibkan, diganti tersistem dengan aplikasi,” katanya, saat rilis Si Asmara, di Aula Dinkes setempat, Kamis (19/8/2021).
Dwi menerangkan, selama ini surat menyurat dilakukan secara manual, dan sering kali terjadi human error. Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang membutuhkan pelayanan secara cepat dengan data akurat.
Menurutnya, Si Asmara merupakan bentuk keterbukaan pelayanan publik di bidang pemerintahan. Seperti, dalam masa pandemi, di mana banyak surat permintaan dari masyarakat untuk vaksinasi.
“Dengan Si Asmara, masyarakat dapat melihat sejauh mana surat yang dikirimkan ditindaklanjuti,” imbuh Dwi.
Ditambahkan, seluruh surat dapat dibuka pejabat yang bersangkutan, meski tidak sedang di kantor atau bertugas di luar. Pejabat kemudian memberikan keputusan terkait isi atau maksud dari surat tersebut. Aplikasi itu tidak sekadar penertiban surat menyurat, tetapi juga output dari surat tersebut. Output yang baik akan menjamin pelayanan yang baik pada masyarakat.
“Dari inovasi sistem tersebut, diharapkan tidak ada lagi surat yang diterima hilang atau ada penomoran sama,” jelasnya.
Kasubag Umum dan Kepegawaian Dinkes Temanggung Murtutyningsih mengatakan, Si Asmara sistem mulai berjalan efektif Jumat (20/8/2021). Sebelumnya sistem telah diujicoba dan penyempurnaan hampir dua bulan terakhir. Tim yang terlibat dalam pembuatan sistem tersebut, antara lain dari Dinas Kominfo Kabupaten Temanggung.
“Semoga pelayanan pada masyarakat semakin baik dan cepat,” pungkasnya.
Penulis : MC.TMG/ai;ekp
Editor : Ul, Diskominfo Jateng