Portal Berita
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah
PDAM Tirta Moedal Semarang Lakukan Pengundian bagi Pelanggan Tertib Bayar Tagihan Air
- 08 May
- Yandip Jateng Prov (3)
- No Comments

SEMARANG – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal sebagai terus melakukan peningkatan layanan terhadap pelanggan. Salah satunya dengan mengadakan pengundian hadiah, terhadap pelanggan yang tertib membayar tagihan air setiap bulannya.
Direktur Umum PDAM Tirta Moedal, Muhammad Indra Gunawan menyampaikan, upaya itu menjadi salah satu cara untuk mendongkrak tingkat kepatuhan pelanggan, dalam membayar tagihan air. Pasalnya, dari 200 ribu pelanggan PDAM Tirta Moedal, baru 25 persen yang tertib membayar tagihan air.
“Pengundian hadiah untuk pelanggan yang tertib bayar, ini jadi salah satu cara untuk mendongkrak kepatuhan agar pelanggan tertib bayar,” ungkapnya, usai pengundian tersebut, di Kantor PDAM Tirta Moedal, Rabu (7/5/2025).
Disampaikan, pengundian tersebut diikuti 38.181 pelanggan, yang merupakan pelanggan yang tertib membayar pada rentang waktu tanggal 1 – 10 di tiap bulannya secara konsisten.
“Ada beberapa kriteria, pertama rutin, tidak terputus selama enam bulan pembayaran mulai tanggal 1-10 tiap bulannya selama enam bulan berturut-turut,” jelasnya.
Selain pengundian hadiah, pihaknya juga memberikan diskon untuk pelanggan yang akan menyambung baru, dengan harga Rp550 ribu.
Kepala Bagian Humas PDAM Tirta Moedal, Mayang Charisma menyampaikan, pengundian terhadap pelanggan yang tertib membayar dilakukan dua kali dalam setahun. Dengan pengundian ini, diharapkan selain bisa mendongkrak tingkat kepatuhan, juga untuk mendorong masyarakat Kota Semarang beralih ke air PDAM dan tidak lagi menggunakan air tanah.
“Ke depan, seluruh pelanggan untuk beralih menggunakan air PDAM, karena air produksi kita aman, sehat, dan ramah lingkungan. Kita jaga keberlanjutan Kota Semarang yang memang saat ini memprihatinkan, untuk penurunan air tanah sudah hampir 10 cm per tahun. Jadi, kita diharapkan bisa menjaga bersama-sama dan beralih dari air tanah menggunakan air PDAM,” papar Mayang.
Apalagi, lanjut Mayang, saat ini pihaknya juga membuka layanan call center 24 jam untuk pengaduan, hingga menggunakan aplikasi Si Agan, untuk mempermudah warga dalam pengaduan, sambung baru dan lainnya.
“Harapannya, layanan akan terus bertambah lagi, apalagi kita sudah 24 jam di 80 persen sambungan wilayah pelayanan,” jelasnya.
Penulis: Kontributor Kota Semarang
Editor: Di, Diskominfo Jateng