Portal Berita
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah
Mal Pelayanan Publik Sragen Siap Tingkatkan Akses Layanan Masyarakat
- 16 Dec
- yandip prov jateng
- No Comments

SRAGEN – Kabar gembira untuk masyarakat Kabupaten Sragen, Mal Pelayanan Publik (MPP) Askara Bumi Sukowati kini sudah mulai membuka pelayanan administrasi serta perizinan, yang bisa dilakukan pada satu tempat saja. Ada 40 jenis pelayanan di pusat pelayanan terpadu ini.
Dimulainya pelayanan di MPP tersebut, ditandai dengan soft opening yang dilakukan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Kamis (15/12/2022). Dengan nama Askara Bumi Sukowati, diharapkan MPP bisa menjadi cahaya baru bagi masyarakat Sragen. MPP yang berlokasi di Jalan Dr Sutomo No. 5 (Kawasan Technopark) Kelurahan Sine, Kecamatan Sragen itu pun diharapkan bisa menjawab tuntutan dan kebutuhan masyarakat, terkait dengan kemudahan pelayanan publik.
Gedung MPP tersebut terdiri dari dua lantai, lantai pertama ditujukan untuk semua jenis pelayanan dari instansi publik yang terlibat. Sedangkan lantai dua untuk DPMPTSP serta ruang rapat. MPP tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas ruang laktasi, musala, dan tempat bermain khusus anak.
Semula direncanakan hanya 32 instansi yang membuka layanan di MPP. Namun karena animo masyarakat yang tinggi, jumlah layanan bertambah menjadi 40 instansi.
Usai peresmian, Bupati Yuni mengatakan, dibangunnya MPP ini sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik bagi warga Sragen. Nantinya warga bisa mengurus apapun di MPP ini mulai administrasi kependudukan, layanan adminsitrasi kepolisian, perizinan industri dan sebagainya.
“Alhamdulillah. Akhirnya cita-cita warga Sragen terkabul, punya gedung MPP yang besar dan megah. Kami ingin semua pelayanan bisa lebih maksimal dan nyaman. Dengan MPP masyarakat yang mau ngurus apapun tidak perlu datang ke banyak kantor, tapi sekarang cukup di sini, karena ada 40 layanan,” paparnya.
Empat puluh pelayanan itu mulai dari pengurusan administrasi kependudukan seperti KTP, KK dan akta, layanan administrasi kepolisian seperti SKCK, perizinan industri dan izin usaha lainnya. Sementara yang melibatkan instansi vertikal seperti layanan imigrasi, surat bebas pidana, Bapas, hingga layanan administrasi perbankan, juga tersedia.
“Jajaran kepolisian juga siap support dengan membuka layanan di MPP. Kalau mau cari SKCK atau perpanjangan SIM, cukup dari MPP sudah bisa, tidak perlu ke kantor polisi,” katanya.
Menurut Yuni, tantangan di dunia global memang sudah selayaknya mampu dijawab oleh pemerintah bersama masyarakat. Sehingga Mal Pelayanan Publik ini hadir untuk memberikan solusi dan kemudahan pelayanan publik di Kabupaten Sragen.
Di era digitalisasi ini, Yuni mengharuskan pemerintah untuk bertransformasi terhadap pelayanan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Dalam kesempatan itu Yuni menyampaikan terima kasih kepada jajaran organisasi vertikal dan seluruh jajaran OPD, yang telah mensukseskan Mal Pelayanan Publik.
Meski demikian, Yuni mengakui masih ada beberapa hal yang perlu disempurnakan pada MPP ini. Seperti petugas kebersihan, tempat salat, dan tempat sampah dirasa masih kurang.
Untuk itu, ia berharap kekurangan yang masih ada bisa segera dibenahi dan dilengkapi. Sehingga diharapkan MPP bisa memberikan kenyamanan maksimal untuk masyarakat.
Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan satu pintu, MPP Sragen buka pukul 07.30-16.00 WIB pada Senin sampai Kamis. Pukul 07.30 14.30 WIB untuk Jumat, sedangkan Sabtu dan Minggu tutup.
Sementara untuk grand opening MPP rencananya akan dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas, sekitar Januari hingga Februari 2023.
Penulis : Miyos/Yuli_Diskominfo Sragen
Editor : WH/DiskominfoJtg