Portal Berita
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah
Libur Lebaran Selesai, Layanan Publik Kembali Dibuka
- 18 May
- yandip prov jateng
- No Comments

KOTA PEKALONGAN – Seluruh loket pelayanan publik kembali dibuka setelah sempat diliburkan pada momen cuti bersama dan libur lebaran pekan lalu.
Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Pekalongan, Salahudin, usai melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Pekalongan, terkait dengan kepatuhan kehadiran Aparatur Sipil Negara (no) maupun pegawai non-ASN, Senin (17/5/2021). Beberapa OPD yang menyelenggarakan pelayanan publik ditinjau langsung oleh Wakil Wali Kota Pekalongan, antara lain Dinas Pendidikan, Dinas Sosial P2KB, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Atap setempat. Ia pun mengapresiasi kinerja dan semangat ASN karena tidak ada yang bolos atau mangkir pada hari pertama masuk kerja pascalibur lebaran.
“Kami melakukan sidak dan hasilnya setiap OPD yang kami kunjungi lengkap. Bahkan sejumlah pelayanan publik sudah berjalan normal. Saya berpesan agar para ASN dapat selalu bersyukur atas pencapaian yang selama ini didapatkan, sehingga selalu termotivasi untuk meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Salahudin.
Di Batang, sejumlah instansi pemerintah penyelenggara pelayanan publik juga telah membuka kembali loket-loketnya, antara lain kantor Samsat, Disdukcapil, DPMPTSP atau Mal Pelayanan Publik (MPP). dan Mobil Kas Keliling Bank Jateng.
Kepala Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Batang, Toehoe Hardi mengatakan, untuk memudahkan pelayanan setelah libur lebaran dan mencegah kerumunan, para petugas juga siap melayani melalui Layanan Samsat Siaga selain di gedung induk.
“Kami juga membuka layanan di halaman kantor untuk mempercepat pelayanan. Kalau kami tidak memisah nanti dikhawatirkan terjadi penumpukan di saat pandemi,” ungkapnya, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (17/5/2021).
Ditemui secara terpisah, Kepala Unit Operasional Mobil Kas Keliling Bank Jateng Cabang Batang, Hendra, mengungkapkan, pascalebaran pelayanan terhadap nasabah langsung diberikan. Pelayanan telah dibuka pada pukul 08.30 WIB.
“Antrean juga tidak terlalu ramai, tapi juga tidak terlalu sepi,” terangnya.
Dijelaskannya, Mobil Kas Keliling memberikan pelayanan kepada para nasabah selama 1,5 jam per lokasi. Selanjutnya, mobil berpindah ke tempat lain.
Penulis: Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan/Heri, MC Batang
Editor: Tn/Ul, Diskominfo Jateng