Libatkan Orang Tua dalam Pembelajaran Jarak Jauh

  • 14 Aug
  • yandip prov jateng
  • No Comments

KOTA PEKALONGAN – Proses pembelajaran jarak jauh, yang saat ini terus dikembangkan, baik oleh lembaga pendidikan, guru, hingga peserta didik, membutuhkan dukungan berbagai pihak, tak terkecuali orang tua peserta didik. Sebab, inovasi dan kreativitas yang telah dilakukan oleh guru, membutuhkan pendampingan orang tua yang memastikan proses belajar mengajar berjalan sesuai yang diharapkan bersama.

Kepala Seksi Kurikulum dan Kelembagaan PAUD, Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Sherly Imanda Hidayah mengatakan, dalam kondisi pandemi, guru perlu bersinergi dengan orang tua untuk memaksimalkan kegiatan belajar anak.

“Guru juga dapat memberikan tugas terukur namun tetap memastikan bahwa tiap hari pembelajaran peserta didik terlaksana tahap demi tahap dari tugas tersebut,” ujarnya, saat menghadiri kegiatan apresiasi pembelajaran masa pandemi Covid-19 Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Pekalongan, di LPPL Batik TV Kota Pekalongan, Rabu (12/8/2020).

Sherly menambahkan, guru di tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kota Pekalongan diminta untuk berinovasi dan kreatif, guna menunjang pembelajaran di masa pandemi Covid-19 agar tetap berjalan. Sebab, jika hal itu tidak dilakukan, siswa akan mudah bosan dan jenuh.

“Sejak bulan Maret anak-anak didik diberlakukan belajar dari rumah (BDR) akibat adanya pandemi Covid-19. Sehingga, pendidik/guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan meskipun peserta didik berada dirumah. Inovasi pembelajaran dibutuhkan sebagai solusi yang perlu didesain dan dilaksanakan oleh guru dengan memaksimalkan media yang ada seperti media daring (online),” terangnya.

Inovasi dalam mengajar, lanjut Sherly, setidaknya guru mampu menggunakan metode E-Learning, yaitu pembelajaran memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sesuai perkembangan zaman sekarang. Sistem pembelajaran dilaksanakan melalui perangkat komputer (PC) atau laptop yang terhubung dengan koneksi jaringan internet.

“Agar pembelajaran tidak monoton dan tidak membuat siswa stres, beberapa guru disarankan untuk membuat tugas di rumah dalam bentuk proyek, atau memanfaatkan aplikasi pembelajaran secara daring dengan diisi konten-konten video pembelajaran yang inovatif, kreatif, variatif, dan menarik. Sehingga pembelajaran dapat tersampaikan secara lebih optimal,” pungkasnya.

Penulis : Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan
Editor : Rk, Diskominfo Jateng

Berita Terkait